PENGERTIAN GANGGUAN KEPRIBADIAN DEPENDEN – Ciri utama gangguan hepribadian dependen adalah kurangnya kepercayaan diri dan perasan otonom. Para pasien dengan gangguan kepribadian dependen memandang diri mereka sebagai orang yang lemah dan orang lain sebagai orang yang penuh kekuatan. Mereka juga memiliki kebutuhan yang sangat kuat untuk diurus oleh orang yang sering kali membuat mereka merasa tidak nyaman bila sendirian. Mereka mengabaikan kebutuhan mereka sendiri agar hubungan protektif yang telah dibangunnya tidak hancur. Bila suatu hubungan dekat berakhir, sesegera mungkin mereka berupaya menjalin hubungan baru untuk menggantikan hubungan yang sudah berakhir.

Kriteria dalam DSM juga mencakup beberapa ciri yang tampaknya tidak didukung dengan baik oleh literatur penelitian. Kriteria diagnostik tersebut secara umum menggambarkan orang-orang dengan gangguan kepribadian dependen sebagai orang yang sangat pasif (a.1., sulit memulai suatu proyek atau melakukan segala sesuatu sendiri, tidak mampu untuk tidak setuju dengan orang lain, membiarkan orang lain membuat keputusan bagi mereka). Meskipun demikian, penelitian menunjukkan bahwa karakter pasif tersebut tidak mencegah orang-orang yang dependen untuk tidak melakukan hal-hal yang diperlukan untuk mempertahankan hubungan dekat. Hal ini dapat mencakup sifat sangat memuja dan pasif, namun juga dapat mencakup pengambilan langkah-langkah aktif untuk mempertahankan suatu hubungan.

Prevalensi gangguan kepribadian dependen sekitar 1,5 persen angka yang lebih tinggi ditemukan di India dan Jepang, mungkin karena masyarakat tersebut mendorong perilaku dependen. Gangguan ini lebih banyak terjadi pada perempuan dibanding pada laki-laki, mungkin karena pengalaman sosialisasi pada masa kanak-kanak yang berbeda pada laki-laki dan perempuan. Gangguan kepribadian dependen sering dialami bersamaan dengan gangguan kepribadian ambang, skizoid, histrionik, skizotipal, dan menghindar serta diagnosis Aksis I yaitu gangguan bipolar, depresi, gangguan anxietas, dan bulimia.

Filed under : Bikers Pintar,