PENGERTIAN GANGGUAN KEPRIBADIAN MENGHINDAR – Diagnosis gangguan kepribadian menghindar ditegakkan bagi orang-orang yang sangat takut terhadap kemungkinan timbulnya kritikan, penolakan, atau ketidaksetujuan dari orang lain sehingga enggan menjalin hubungan, kecuali jika mereka merasa yakin bahwa mereka akan disukai. Mereka bahkan dapat menghindari pekerjaan yang mengharuskan mereka melakukan banyak kontak interpersonal.

Dalam situasi sosial mereka membatasi diri karena sangat takut mengatakan sesuatu yang dianggap bodoh atau malu karena wajah mereka memerah atau terlihatnya tanda-tanda kecemasan lain. Mereka yakin bahwa din mereka tidak kompeten dan lebih rendah daripada orang lain dan enggan mengambil risiko atau mencoba berbagai aktivitas baru.

Prevalensi gangguan kepribadian menghindar adalah sekitar persen, dan komorbid dengan gangguan kepribadian dependen dan gangguan kepribadian ambang. Kepribadiarmenghindar juga komorbid dengan diagnosis Aksis I yaitu depres-, dan fobia sosial menyeluruh. Komorbidit, dengan fobia sosial menyeluruh kemungkinan disebabkan kesamaan kriteria diagnostik untuk kedua gangguan ini; gangguan kepribadian menghindar pada kenyataannya dapat merupakan vanan dari fobia sosial menyeluruh yang lebih kronis. Seperti halnya pasien dengan’ gangguan kepribadian menghindar dan fobia sosial, mereka yang mengalami taijin hyoufu terlalu sensitif dan menghindari kontak interpersonal. Namun, apa yang mereka takutkan agak berbeda dengan ketakutan yang biasa terdapat pada mereka yang menderita gangguan berdasarkan DSM. Para pasien yang mengalami taijin hyoufu cenderung merasa gugup atau malu mengenai dampak yang mereka timbulkan pada orang lain atau bagaimana diri mereka di mata orang lain, contohnya, takut bahwa wajah mereka buruk atau memiliki bau badan.

Filed under : Bikers Pintar,