PENGERTIAN GANGGUAN KEPRIBADIAN PARANOID – Individu yang mengalami gangguan Izepribadian paranoid selalu mencurigai orant lain. Orang-orang dengan diagnosis ini merasa dirinya diperlakukan secara salait dan dieksploitasi oleh orang lain sehingga berperilaku misterius dan selalu waspadr terhadap tanda-tanda adanya tipu daya atau pelecehan. Mereka sering kali kasar-das bereaksi dengan kemarahan terhadap apa yang mereka anggap sebagai penghinam Individu semacam itu enggan memercayai orang lain dan cenderung menyalahicas mereka serta menyimpan dendam meskipun bila ia sendiri juga salah. Mereka sangat pencemburu dan tanpa alasan dapat mempertanyakan kesetiaan pasangan atza kekasih mereka.

Para pasien yang mengalami gangguan kepribadian paranoid dipenuhi keraguar yang tidak beralasan terhadap kesetiaan orang lain atau bahwa orang lain terselnr dapat dipercaya. Mereka dapat melihat makna negatif atau ancaman pada berbarar kejadian; contohnya, individu dapat merasa yakin bahwa anjing milik tetanggarva sengaja menggonggong di awal pagi untuk mengganggunya. Diagnosis ini berbeda dari skizofrenia tipe paranoid karena simtom-simtom lain skizofrenia, seperti halusinasi , tidak terjadi dan keberfungsian sosial dan pekerjaan tidak terlalu terpengar,A Juga tidak terjadi disorganisasi kognitif yang merupakan karakteristik skizofrena Diagnosis ini juga berbeda dari gangguan waham karena tidak terjadi delusi penuk

Gangguan kepribadian paranoid paling banyak terjadi pada kaum laki-laki darr paling banyak dialami bersamaan dengan gangguan kepribadian skizotipal, ambing, dan menghindar.

Filed under : Bikers Pintar,