Merupakan batas jarak lomba yang harus dilampaui dalam satu pertandingan. Umumnya peserta pertama yang melampaui garis finis akan me­rebut gelar juara, terutama dalam kejuaraan atletik.

Dalam beberapa kasus tertentu, beberapa peserta melewati garis finis dengan perbedaan waktu yang be­gitu kecil sehingga juri akan mengalami kesulitan me­nentukan juaranya. Kesulitan ini kemudian diatasi dengan membuat foto finis yang mampu menangkap momen yang paling detail ketika peserta pertama me­lewati garis finis. Berdasarkan hasil foto tersebut di­putuskan siapa juaranya. (Lihat Foto Finis). Pada cabang olahraga lain, seperti renang, kontroversi siapa juara sebuah pertandingan lebih gampang diatasi ka­rena papan elektronik akan menunjukkan dengan te­pat siapa yang menjadi juara pertandingan itu.

Pada olahraga balap, seperti balap mobil, balap se­peda, atau kuda, yang menggunakan sistem etappe, orang pertama, yang melewati garis finis, belum ten­tu menjadi juaranya karena kalah atau mengumpul­kan nilai rendah dalam beberapa etappe sebelumnya. Dalam pertandingan semacam ini juaranya adalah pengumpul nilai terbanyak, sekalipun tidak berhasil menjadi orang pertama yang menembus garis finis. (Lihat juga Etappe).

Incoming search terms:

  • garis finis adalah

Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • garis finis adalah