social geography (geografi sosial)

Geografi sosial adalah sebuah subdisiplin dari geografi, sebuah subyek yang mengaitkan ilmu-ilmu sosial dan ilmu-ilmu alamiah, serta meliputi topik-topik mulai dari tektonik sampai psikoanalisis. Beberapa penulis geografi sosial menyetarakan geografi sosial dengan keseluruhan geografi manusia, yaitu, dengan kekuatan ilmu sosial dari disiplin tersebut. Dalam penemuannya untuk pertama kalinya pada tahun 1884. istilah ‘geografi sosial’, sebagai contohnya, Elisee Reclus mengacunya sebagai hubungan yang rumit antara ‘manusia’ (yang berarti masyarakat) dan alam (Dunbar 1977). Yang lain mendefinisikan bidang ini secara lebih sempit, mengikuti pandangan Fitzgerald (1946) bahwa sebuah kepentingan dalam sosial dapat dikejar dalam pengertiannya sendiri, sebagai sebuah wilayah yang berbeda dari kajian-kajian aspek kehidupan politik dan ekonomi. Kebanyakan analis melihat wilayah dari geografi sosial ini berada di antara kedua kutub ekstrim ini.

Berbagai definisi mengenai geografi sosial pada saat ini bisa dikelompokkan dalam sejumlah bentuk. Ada dua fokus utama (yang saling berhubungan) untuk karya subdisiplin ini. Keduanya mencerminkan minat yang besar sejak tahun 1960-an dan 1970-an untuk menggabungkan proyek geografi dengan ilmu sosial aliran utama, dan mencerminkan suatu komitmen sebagian dari beberapa individu kunci dalam mengembangkan sebuah wilayah studi yang radikal dan mempunyai relevansi sosial.

Geografi juga memiliki hubungan yang erat dengan sosiologi, dan perkembangan geografi sosial sejak pertengahan tahun 1950-an, untuk sebagian, merupakan eksplorasi terhadap komplementaritas kedua disiplin. Dengan demikian Jones (1985: 3) melihat geografi sosial berhubungandengan ‘mendeskripsikan dan menerangkan unsur-unsur spasial dari masyarakat dalam hal struktur dari masyarakat tersebut’, sedangkan Jackson dan Smith (1984: vii) menganggapnya sebagai kajian ‘bagaimana kehidupan sosial terbentuk secara geografis melalui struktur-struktur spasial dari hubungan sosial’. Orientasi ini telah memberi geografi sosial sebuah kepentingan dan peran dalam suatu lingkup perdebatan filsafat dan metodologis, terutama dalam perdebatan mengenai otonomi dari human agency secara relatif terhadap kekuatan-kekuatan struktural dan batasan-batasan spasial. Geografi sosial, dengan menggali tema-tema ini, telah memainkan peranan sangat penting dalam apa yang dinamakan oleh Eyles (1986) sebagai rekonstitusi geografi manusia sebagai sebuah ilmu sosial.

Bagian yang kedua dari rekonstitusi ini tertuju pada pencarian relevansi di akhir periode progresifisme. Menjelang akhir tahun 1960-an, menjadi nyata bahwa permasalahan sosial dunia semakin memburuk, dan bahwa ketimpangan sosial mengalami ekskalasi, bahkan di negara-negara kesejahteraan sekalipun. Selama tahun 1970-an ada dua teks utama yang telah membantu para ahli geografi sosial mengembangkan sebuah peran yang kritis dan konstruktif dalam masyarakat yang tidak adil.

Yang pertama, karya David Harvey yang berjudul Social Justice and the City (1973), yang tidak hanya menghancurkan mitos ilmu sosial yang bebas-nilai, tetapi juga membawa pesan politis yang kuat tentang cara di mana geografi sosial yang radikal dan komit dapat mendorong proses perubahan sosial. Buku ini memasukkan geografi sosial ke dalam alam ilmu sosial yang kritis dan mengendalikannya pada aspirasi-aspirasi transformatif tentang apa yang kemudian dianggap sebagai Kiri Baru.

Teks kedua, karya David Smith yang berjudul Human Geography: A Welfare Approach, memunculkan pertanyaan tentang siapa yang akan mendapat apa, di mana, serta menstimulasi perkembangan dari geografi sosial yang berorientasi pada kesejahteraan dan relevan dengan kebijaksanaan. Karya ini melandasi pendekatan berbasis-permasalahan terhadap geografi sosial yang terangkum dalam koleksi yang diedit oleh Pacione (1987) serta dikembangkan Cater dan Jones (1989). Pendekatan ini mengkonseptualisasi geografi sosial sebagai suatu penyelidikan terhadap alokasi sumberdaya, yang membujuk para ahli geografi untuk mengkaji ketimpangan spasial dalam kesempatan perumahan dan kesempatan kerja, kejahatan, kesehatan dan berbagai isu sosial lain. Riset yang diadakan baru-baru ini lebih terfokus pada aspek-aspek rasisme dan perbedaan gender, penuaan dan ketidakmampuan, dan telah menghasilkan kritik tentang konstitusi dan manipulasi hubungan kekuasaan dalam dunia yang tidak adil secara sosial.

Di masa lalu, istilah geografi sosial lebih sering diasosiasikan dengan geografi Eropa dan terutama Inggris ketimbang dengan dunia akademis Amerika Utara. Hal ini mencerminkan kesiapan pemikiran Kiri Baru untuk lebur ke dalam ilmu sosial Eropa, dan kedekatan para sarjana Eropa dengan kekuatan dan kelemahan ideal negara kesejahteraan. Ini juga mencerminkan sejauh mana geografi kemanusiaan Amerika Utara telah didominasi oleh tradisi geografi budaya yang menjadi bahasan Cari Sauer. Jadi, lepas dari beberapa usaha awal untuk menciptakan celah bagi subdisiplin ini (misalnya Buttimer 1968; Watson 1953), tapi baru pada penerbitan karya David Ley yang berjudul A Social Geography of the City pada tahun 1983 ide tersebut bisa tertangkap di AS (lihat Johnston 1986). Namun, sejak akhir tahun 1980-an para ahli geografi yang menaruh minat pada kajian sosial dan budaya di Eropa dan Amerika telah berusaha menyatukan tema-tema ini dan mengembangkan komponen-komponen ilmu sosial yang lebih terintegrasi pada disiplin tersebut. Hal ini tercermin, sebagai contohnya, dalam penggabungan kelompok-kelompok Social and Cultural Geography Study dari Institute of British Geographers, dan dalam orientasi publikasi mereka yang pertama yang berjudul New Words, New Worlds (Philo 1991).

Incoming search terms:

  • geografi sosial
  • pengertian geografi sosial
  • definisi geografi sosial
  • Geografi sosial adalah
  • geo sosial
  • kajian geografi sosial
  • Pengertian geo sosial
  • jelaskan definisi geografi sosial

Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • geografi sosial
  • pengertian geografi sosial
  • definisi geografi sosial
  • Geografi sosial adalah
  • geo sosial
  • kajian geografi sosial
  • Pengertian geo sosial
  • jelaskan definisi geografi sosial