Advertisement

Atau eksplorasi fisik, bersama-sama dengan pencarian deposit mineral {prospecting) merupakan bagian awal penambangan, yaitu eksplorasi. Kedua bagian eksplorasi ini cenderung disatukan karena bagian-bagian ini menggunakan peralatan yang sama dan dilakukan berturutan langsung.

Ahli geologi tambang memeriksa suatu deposit dengan cermat untuk memperkirakan besarnya, bentuknya, kandungan mineralnya, dan karakteristik- karakteristik lain, seperti sifat batuan yang menutupi. Ilmu ini menuntut kepakaran dalam geologi, geofisika, geokimia, teknik komputer, teknik pengeboran, ekonomi mineral, metalurgi, dan bidang-bidang lain yang berkaitan.

Advertisement

Kawasan deposit yang akan diperiksa dapat mencakup daerah seluas ratusan ribu kilometer persegi. Namun kemudian area sasaran disempitkan hanya ke area yang diduga paling mendukung kemungkinan adanya deposit mineral itu. Penyimpulan geologis diambil dari peta geologi yang memaparkan berbagai aspek batuan di kawasan itu: macamnya, tebal lapik, ihwal lipatan, sesar, retakan, dan susupan. Teori pembentukan bijih juga dipelajari. Kemudian beda yang sangat kecil antara sifat fisika batuan di situ dan mineral yang diinginkan diukur dengan secermat mungkin: sifat gaya berat, mekanis, listrik, magnetik, termal, dan radioaktif. Dalam proses ini digunakan berbagai metode dan teknik geofisika. Metode geokimia didasarkan pada pengandaian bahwa unsur-unsur yang terkubur jauh di bawah permukaan akan tercermin oleh air tanah dan gas-gas yang muncul ke per-mukaan. Kadang analisis kimia juga dilakukan terhadap dedaunan tumbuhan yang terdapat dalam area- area itu. Bila metode geologi, geofisika, dan geokimia justru menuntut orang terjun langsung ke area yang bersangkutan, teknik penginderaan jauh dimanfaatkan untuk menambah data. Potret permukaan tanah dipelajari, termasuk potret radar, inframerah warna, inframerah termal, stereoskopis, dan potret berwarna. Akhirnya dilakukan pengeboran di sana-sini untuk membuktikan ada tidaknya bijih yang dapat ditambang secara ekonomis.

Eksplorasi terus dijalankan meskipun penambangan telah dilaksanakan dan berjalan cukup lama untuk menentukan daerah sasaran dengan lebih jitu.

 

Incoming search terms:

  • definisi deposit timah
  • geologi tambang
  • makalah geologi tambang
  • pengertian geologi eksplorasi

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • definisi deposit timah
  • geologi tambang
  • makalah geologi tambang
  • pengertian geologi eksplorasi