PENGERTIAN HEAD START – Head Start merupakan program yang didanai oleh pemerintah federal yang bertujuan menyiapkan anakanak secara sosial dan budaya untuk mencapai keberhasilan di sekolah dengan memberikan berbagai pengalaman yang mungkin tidak mereka rasakan di rumah. Momentum bagi program ini terjadi selama tahun 1960- an, ketika perhatian nasional di Amerika Serikat terpusat pada masalah kelaparan dan hak-hak sipil.

lnti program Head Start adalah pendidikan pra-sekolah berbasis komunitas yang memfokuskan pada pengembangan keterampilan kognitif dan sosial sejak dini. Head Start menjalin kesepakatan dengan para profesional di dalam komunitas untuk menyediakan layanan kesehatan umum dan kesehatan gigi bagi anak-anak, termasuk vaksinasi, tes pendengaran dan penglihatan, penanganan medis, dan informasi nutrisi. Layanan kesehatan mental merupakan komponen lain yang juga penting dalam program ini. Para psikolog dapat mengidentifikasi anak-anak yang mengalami masalah psikologis dan berkonsultasi dengan para guru dan staf untuk membantu menciptakan lingkungan prasekolah yang sensitif terhadap berbagai isu psikologis; contohnya, mereka dapat memberikan pengetahuan mengenai perkembangan anak, memberikan konsultasi bagi kasus individual, atau membantu staf menangani kekhawatiran orang tua.

Para pekerja sosial dapat berfungsi sebagai advokat bagi keluarga si anak, menghubungkan keluarga dengan berbagai layanan sosial yang dibu tuhkan dan mendorong orang tua untuk terlibat dalam pendidikan anak-anak mereka.

Sebuah perbandingan antara anak-anak peserta Head Start dan anak-anak tidak beruntung lainnya yang mengikuti pendidikan prasekolah lain atau tidak mengikuti pendidikan prasekolah menunjukkan bahwa anakanak peserta Head Start mengalami peningkatan yang lebih signifikan dibanding kedua kelompok kontrol dalam hal kemampuan sosial-kognitif dan impulsivitas motorik; peningkatan relatif terjadi paling besar pada anak-anak Afrika Amerika, terutama pada mereka yang kemampuan sebelumnya berada di bawah rata-rata. Meskipum program Head Start berhasil meningkatkan keberfungsian anak-anak yang paling membutuhkan bantuan, mereka masih tetap tertinggal dari temanteman sebaya mereka dalam hal tingkat kognitif mutlak setelah setahun mengikuti program ini. Berbagai laporan lain mengonfirmasi peran Head Start dalam membantu para remaja miskin meningkatkan keberfungsian intelektual mereka.

Incoming search terms:

  • nu vot

Filed under : Bikers Pintar,

Incoming search terms:

  • nu vot