Advertisement

Helicak (singkatan dari helikopter dan becak, karena bentuknya serupa dengan helikopter dan becak) merupakan jenis kendaraan bermotor yang bersifat semi pribadi dalam arti tidak digunakan bersama-sama dengan orang lain. Kendaraan angkutan masyarakat ini dapat berjalan lebih cepat dan dapat menjangkau daerah yang lebih jauh daripada becak. Kendaraan ini memiliki roda tiga buah yang dapat menampung dua orang penumpang dewasa dan dapat memasuki daerah-daerah permukiman di dalam kota.

Helicak ini bentuknya seperti becak, dalam arti dua orang penumpang duduk di depan dan pengemudinya di belakang. Kabin untuk penumpang dibuat tertutup dengan jendela di kiri kanan, sedangkan tempat duduk pengemudi tidak dilindungi atap. Kendaraan ini dijalankan dengan sebuah mesin motor bermerek Lambreta buatan Italia.

Advertisement

Helicak pertama kali beroperasi di Jakarta pada 24 Maret 1971 yang dimaksudkan sebagai pengganti becak yang dianggap pemerintah tidak manusiawi. Namun, umur kendaraan ini ternyata tidak panjang, sehingga helicak yang semula diluncurkan 400 buah, kemudian tidak dikembangkan lebih lanjut. Akibatnya, jenis kendaraan ini dalam 1980 menghilang dari jalan-jalan di ibukota.

Incoming search terms:

  • yang dmaksud super helicak

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • yang dmaksud super helicak