PENGERTIAN HEREDITAS DAN VARIABILITAS GENETIKA

35 views

PENGERTIAN HEREDITAS DAN VARIABILITAS GENETIKA – Pengetahuan mengenai beberapa prinsip genetika penting untuk dapat memahami secara benar bagaimana evolusi melalui seleksi alam terjadi.

Unit dasar hereditas adalah gen, sebuah unit informasi biokimia. Gen terdiri dari unsur pembentuk dasar semua makhluk hidup, deoxyribonucleic acid, atau disingkat dengan DNA. DNA mempunyai kemampuan unik untuk menciptakan tiruan ( replica ) yang betul-betul sama dengan dirinya. Karena gen terdiri dari DNA, dia dapat menciptakan tiruan yang pasti sama dengan dirinya sendiri dari satu generasi ke generasi selanjutnya, sehingga dapat mempertahankan dirinya dalam jangka waktu yang tak terbatas.

Pada umumnya, dalam waktu yang panjang, gen-gen dapat membikin replica dirinya sendiri secara sempurna pada generasi penggantinya. Namun, kadang-kadang terjadi kesalahan dalam mekanisme peniruan diri tersebut dan gen gagal menciptakan tiruan dirinya yang benar-benar sama. Kejadian ini dikenal dengan mutasi gen (gene mutation). Dalam suatu populasi makhluk hidup, mutasi semacam itu selalu muncul; paling tidak sedikit dalam setiap generasi baru. Karena produksi konstan dari gen-gen mutant ini, variabilitas generasi baru selalu muncul dalam populasi makhluk hidup. Jumlah gen mutant yang sangat besar akan membahayakan bagi organisme yang melingkupinya. Namun, dari waktu ke waktu, gen mutant ini dapat memberikan keuntungan bagi organisme yang melingkupinya.

Berbagai mutasi ini terjadi dengan kekuatan selektif yang secara sistematik mengeliminir gen-gen yang berbahaya dan memelihara dan mengekal-kan sedikit gen yang menguntungkan. Kekuatan selektif^ini disebut seleksi alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *