Advertisement

PENGERTIAN HIKAYAT INDRA BANGSAWAN – Karya sastra Melayu Lama yang menunjukkan adanya pengaruh cerita India, terutama dari Ramayana dan Maha­barata, namun berlatar belakang Melayu. Terdapat enam naskah karya ini di museum pusat Jakarta. Hi­kayat ini pernah diterbitkan oleh Balai Pustaka.

Ceritanya mengenai raja Indra Bungsu yang bi­ngung menentukan siapa dari dua anak kembar lela­kinya akan dinobatkan menjadi penggantinya. Dua anak kembarnya itu adalah Syahpri dan Indra Bang­sawan. Raja mendapat jawaban itu dalam mimpinya, yaitu barang siapa dapat memperoleh alat musik bu­luh perindu, dialah yang akan diangkat menjadi peng­gantinya. Kedua putra raja itu lalu pergi mengem­bara. Mereka terpisah karena badai. Syahpri menjum­pai sebuah gedung besar di taman yang berpenghunj puri Ratna Sari bersama dayangnya. Putri Ratna itu diculik oleh garuda setelah negerinya dihancurkannya Ratna Sari kemudian menikah dengan Syahpri.

Advertisement

Sementara itu Indra Bangsawan tersesat di gua yang berpenghuni seorang raksasa perempuan. Kemudian keduanya bersahabat. Raksasa itu memberi ajimat yang dapat mengubah penampilan Indra Bangsawan Ia kemudian mengabdi kepada raja negeri itu yang sedang mengadakan sayembara bagi siapa yang da- pat melenyapkan Buraksa yang mengancam negeri itu dengan meminta putra dan putrinya. Barang siapa yang berhasil akan dikawinkan dengan sang putri Buraksa berhasil dilenyapkan oleh Indra Bangsawan Setelah menangguhkan pernikahannya, atas bantuan sahabat raksasa, Indra berhasil memperoleh buluh pe­rindu yang dicarinya dan kemudian ia melangsung­kan pernikahannya. Ketika suami-istri hendak berang­kat ke negeri Indra Bangsawan, tiba-tiba Indra bang­sawan jatuh sakit parah akibat perbuatan saudara pe­rempuan Buraksa. Syahpri yang mendengar berita itu kemudian menyusul saudara kembarnya dan berhasil menyembuhkannya. Setelah Indra Bangsawan meng­gantikan ayahnya, Syahpri diberi batu hikmat oleh saudaranya itu sebagai balas budi dan diciptakannya sebuah negeri yang lengkap dengan rakyatnya. Kedua saudara kembar itu hidup berdampingan dengan da­mai.

 

Incoming search terms:

  • siapakah indera bangsawan
  • ringkasan hikayat indera bangsawan
  • hikayat indera bangsawan
  • karakteristik hikayat indera bangsawan

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • siapakah indera bangsawan
  • ringkasan hikayat indera bangsawan
  • hikayat indera bangsawan
  • karakteristik hikayat indera bangsawan