Advertisement

Karya sastra Melayu Klasik yang dipengaruhi kesusastraan Hindu. Dalam hikayat ini masih dijumpai penjelmaan dewa menjadi manusia atau binatang, masih dijumpai adat sayembara untuk memperebutkan seorang putri raja.

Disebut Hikayat Parang Punting karena di dalamnya terdapat peristiwa penukaran tongkat ajaib dengan sebilah parang punting yang dapat menjalankan semua perintah pemiliknya, termasuk melawan musuh.

Advertisement

Hikayat ini menceritakan kutukan terhadap Putri Langkam Cahaya oleh ayahnya, karena hamil sebelum menikah akibat perbuatan dengki seorang dewa lain. Putri diturunkan ke dunia sebagai wanita buruk rupa dan miskin. Di sebuah hutan ia melahirkan seorang bayi lelaki. Anak inilah yang kemudian menjadi pahlawan hikayat ini. Ia memiliki seekor naga raksasa sakti yang dahulu dibelinya dari seorang tua dengan sekantung beras hasil mengemis ibunya. Bersama naga itu ia juga memelihara seekor elang dan tikus putih.

Cerita diakhiri dengan ikut sertanya sang pahlaw dalam sebuah sayembara memperebutkan putri M hadewa. Sang pahlawan keluar sebagai pemena yang dipilih sang putri setelah melewati I rbagaij? langan dan perkelahian melawan anak-anak raja yang iri dan dengki padanya.

Incoming search terms:

  • Arti punter

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • Arti punter