Advertisement

Baik individu maupun kolektivitas senantiasa memiliki identitas, yang dengan perantaraan lambang-lambangnya dapat dikenal serta dibedakan dari identitas lain dari jenis-jenisnya. Karena lambang-lambang mewakili atau menyatakan identitas individu atau kelompok, maka senantiasa menunjukkan ciri-cirinya. Sedangkan maknanya dapat ditafsirkan berdasarkan prinsip atau kaidah-kaidah yang ditetapkan oleh kolektivitas.

Identitas nasional bangsa Indonesia sebagai konsep menunjuk kepada ciri-ciri kolektif bangsa Indonesia, yang sekaiigus mewakili sifat-sifat model manusia Indonesia sebagai representasi kepribadian nasional atau kebudayaan nasional. Sebagai kompleksitas atau ramuan unsur-unsur kebudayaan daerah atau etnik, kebudayaan Indonesia telah diintegrasikan sebagai suatu kesatuan dalam proses perkembangan historis.

Advertisement

Menjadi jelaslah bahwa unsur-unsur sejarah, bahasa, filsafah, etika, kesenian, merupakan bagian esensial dari kebudayaan nasional, sehingga dalam pelbagai perwujudannya mencerminkan identitas nasional. Analog dengan suatu kepribadian yang diwujudkan oleh suatu ramuan dan ciriciri pribadi seorang individu sehingga tampak perwatakannya, maka perwatakan suatu bangsa terwujudnya sebagai gaya hidup serta etos yang mensintesiskan pelbagai unsur tersebut selaku suatu keseluruhan.

Dalam mengalami pertumbuhannya selama berabad-abad, kehidupan komunitas menjalin hubungan erat antara pelbagai aspek “dunia hidupnya” (Lebensweet), yakni aspek etis, estetis, dan idesional karsa, rasa, cipta. Selama masa pertumbuhannya, terjadilah terus-menerus proses interaksi antara pelbagai kekuatan endogen (dalam) dan eksogen (luar), antara teknologi dan ideologi, sehingga timbul konjungtur politik dan ekonomi sebagai faktor penentu irama sejarah bersama dengan segala kontinuitas dan diskontinuitasnya.

Incoming search terms:

  • pengertian identitas nasional

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian identitas nasional