PENGERTIAN INDONESIAN PRESS PHOTO SERVICE – Dising­kat IPPHOS, adalah biro foto pers yang memiliki do­kumentasi paling lengkap sejak Indonesia merdeka sampai setidak-tidaknya perang kemerdekaan selesai. Bahkan, IPPHOS adalah satu-satunya yang meng­abadikan upacara proklamasi kemerdekaan Indo­nesia pada tanggal 17 Agustus 1945 di halaman ru­mah kediaman Bung Karno yang kemudian menjadi Presiden Republik Indonesia yang pertama.

IPPHOS didirikan oleh Alex Mendur, J.K. Umbas, dan F.F. Umbas pada tahun 1946. Frans Mendur, juru potret upacara proklamasi kemerdekaan, baru ber­gabung kemudian. Acara ini hanya diabadikan oleh Frans dan kakaknya, Alex Mendur. Negatif foto Alex dirampas oleh Jepang, sedangkan milik Frans dapat diselamatkan. Negatif yang telah dicuci oleh Frans, karyawan surat kabar Asia Raya, dimasukkan ke da­lam kaleng, lalu dikubur, dan baru digali sebulan ke­mudian setelah keadaan agak aman. Foto-foto prokla­masi itu, antara lain foto Bung Karno sedang mem­bacakan teks proklamasi, dimuat pertama kali oleh harian Merdeka pada bulan Oktober 1945, saat ko­ran itu yang mulai terbit.

IPPHOS semula berkantor di Jalan Tanah Abang, tetapi tidak lama kemudian pindah ke Jalan Hayam Wuruk 30, Jakarta. Gedung tua itu pada awalnya di­pakai sebagai kantor dagang oleh Belanda, lalu di­duduki Jepang, dan diambil alih oleh Indonesia sete­lah kemerdekaan. IPPHOS menyimpan koleksi foto sidang Kabinet RI pertama, upacara penandatangan­an perjanjian Renville, Linggajati, dan Kaliurang. IPPHOS juga mempunyai dokumentasi seri Sukarno, Sjahrir, A.H. Nasution, Soeharto, Sudirman, serta hampir semua peristiwa bersejarah, baik upacara ke­negaraan maupun penumpasan pemberontakan seperti RMS (Republik Maluku Selatan) sampai penumpasan Gerakan 30 September PKI 1965.

Usaha IPPHOS kian lama kian mengendur setelah surat kabar dan majalah mempunyai juru foto sen­diri. Namun IPPHOS tetap dicari untuk melengkapi penulisan naskah di koran dan majalah dan juga pe­nulisan buku yang memerlukan foto-foto pada masa perjuangan.

Incoming search terms:

  • peristiwa proklamasi kemerdekaan ri diabadikan oleh juru potret bernama
  • Peristiwa proklamasi kemerdekaan RI diabadikan oleh juru potret bernama dari harian umum

Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • peristiwa proklamasi kemerdekaan ri diabadikan oleh juru potret bernama
  • Peristiwa proklamasi kemerdekaan RI diabadikan oleh juru potret bernama dari harian umum