Eropa menjadi tempat kelahiran industry modern. Dimulai dengan Revolusi Industri di Inggris tahun 1700-an, kerajinan industri lalu menyebar ke Eropa dan Amerika Utara tahun 1800-an. Orang mu­lai menggunakan mesin untuk menghasilkan barang. Biaya operasi menurun sedang barang dapat dipro­duksi dalam jumlah besar. Dengan demikian, be­berapa negara Eropa mulai menjadi pusat industri dunia.

Istilah industri umumnya meliputi beberapa ke­giatan seperti konstruksi, pertambangan, dan pem­buatan. Di Eropa Timur, hampir semua industri di­kuasai pemerintah. Sebaliknya di Eropa Barat, ham­pir semua milik swasta. Tetapi di beberapa negara Eropa Barat seperti Perancis, Inggris, Italia, peme­rintah menguasai industri mobil, menghasilkan bijih besi dan baja, serta beberapa industri penting lain­nya. Negara-negara komunis selalu berusaha mema­jukan industrinya, namun masih tetap tertinggal dari negara-negara Eropa Barat.

Tersedianya bahan dasar turut menentukan industri apa yang ingin dibangun. Jerman Timur, Perancis, Polandia, Uni Soviet, dan Jerman Barat kaya akan bijih besi dan batu bara. Karena itu, semua negara ini menjadi maju dalam industri berat, di antaranya industri mobil, besi dan baja, serta pelbagai peralat­an. Negara industri lainnya seperti Belanda, Belgia, Swis, tidak cukup memiliki bahan mentah untuk industri. Akibatnya mereka mengkhususkan diri da­lam industri ringan seperti tekstil dan pemrosesan ma­kanan. Salah satu sumber daya penting dari negara- negara Eropa ialah tenaga kerjanya yang ahli dan ter­latih. Para pembuat arloji Swis, misalnya, memper­oleh kemasyhurannya ke seluruh dunia karena keting­gian mutunya.

Eropa juga merajai dunia dengan beberapa mata dagang penting. Enam dari 10 mobil dunia dihasilkan Eropa. Dan industri mobil memberikan sumbangan yang sangat penting bagi perekonomian Eropa. Per­usahaan mobil yang terkenal di dunia ialah Fiat – Ita­lia, Renault – Perancis, Volkswagen – Jerman Barat, dan Volvo – Swedia.

Daerah pertambangan Eropa terbentang dari Ing­gris ngga Laut Kaspia. Uni Soviet negara paling kaya akar. barang tambang di dunia. Eropa memasok 2/5 bagian produksi dunia untuk bijih besi dan gas alam, 0,5 untuk batu bara, dan 1/5 untuk bauksit. Peran­cis, Uni Soviet, dan Swedia penghasil bijih besi ter­penting. Inggris, Belanda, Norwegia, Rumania, Uni Soviet, dan Jerman Barat pemasok gas alam utama. Batu bara dihasilkan Cekoslowakia, Jerman Timur, Inggris, Polandia, Uni Soviet, dan Jerman Barat. Dae­rah penambangan bauksit terdapat di Perancis, Yu­nani, Hungaria, Uni Soviet, dan Yugoslavia. Barang tambang lain ialah tembaga, mangan, merkurium, ni- kel, platina, potas, perak, dan zink.

Tenaga listrik untuk menjalankan industri berasal dari batu bara, gas alam, tenaga nuklir, gelombang pasang, minyak bumi, dan air. Batu bara dan air men­jadi sumber daya penting untuk menghasilkan listrik bagi industri. Pada tahun terakhir ini, pemakaian batu bara merosot, diganti gas alam, minyak bumi, dan te­naga nuklir.

Pemanfaatan gelombang pasang untuk menghasil­kan listrik pertama kali dilakukan di Perancis tahun 1966, Pusat listrik tenaga arus laut ini terletak di muara Sungai Rance.

Incoming search terms:

  • Negara industri di eropa

Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • Negara industri di eropa