PENGERTIAN ISOLASI – Dalam antropologi fisik, berarti tidak ter­jadinya arus gen antara suatu populasi dan populasi sekitarnya. Populasi yang terisolasi dan menempati lingkungan yang berbeda akan beradaptasi dengan lingkungan masing-masing, sehingga ciri-ciri ragawi­nya dapat berbeda. Deviasi semakin besar akibat se­makin besarnya perbedaan lingkungan dan semakin lamanya perpisahan dari populasi induk. Isolasi me­rupakan awal terjadinya ras dan populasi baru yang terpisah secara geografis. Selanjutnya populasi yang sudah terpisah secara biologis, artinya terpisah repro­duksinya, sudah terpisah jenisnya. Sejak akhir masa Pleistosen, isolasi yang sempurna pada manusia tak pernah terjadi, sehingga di antara dua populasi geo­grafis terdapat ciri antara yang merupakan ciri hibrid dari keduanya. Di samping isolasi geografis pada ma­nusia, terjadi juga isolasi ekologis dan isolasi budaya. Kecepatan perkembangbiakan, migrasi, dan adaptasi tidak sama antara populasi-populasi, sehingga gam­baran persebaran populasi tampak heterogen.

Sekarang yang terjadi adalah sebaliknya, bukan pe­misahan antara populasi melainkan pertemuan antara populasi (runtuhnya isolasi), sehingga diharapkan ma­nusia yang akan datang menjadi lebih homogen.

Pada hewan dapat diamati adanya isolasi geogra­fis (terjadinya ras) dan isolasi reproduktif (terjadinya spesies). Isolasi reproduktif disebabkan oleh faktor pra-perjodohan dan faktor pasca-perjodohan. Faktor pra-perjodohan meliputi faktor ekologis, faktor mu­sim dan faktor etologis. Faktor pasca-perjodohan me­liputi mortalitas garnet, mortalitas zigot, hibrid yang tak mampu hidup sampai dewasa, hibrid steril dan hibrid pada keturunan kedua.

 

PENGERTIAN ISOLASI – Dalam fisika, biasa juga disebut penye­kat karena sifatnya nonkonduktor terhadap arus lis­trik maupun energi panas. Pada dasarnya ada dua ma­cam isolasi, untuk panas dan untuk listrik. Isolasi pa­nas adalah bahan yang mengurangi kecepatan aliran panas. Isolasi listrik atau isolator adalah penghantar listrik yang buruk.

Isolasi Panas ditempatkan di antara daerah panas dan daerah yang lebih dingin, untuk mengurangi ke­cepatan aliran panas ke daerah dingin. Pada musim dingin, isolasi diletakkan di dinding rumah, langit- langit, dan lantai rumah, untuk memperlambat aliran panas dari dalam rumah ke luar. Pada musim panas isolasi berfungsi mengurangi masuknya udara panas ke dalam rumah. Selain itu, isolasi juga menghemat pemakaian bahan bakar mesin pendingin atau pe­manas.

Isolasi dirancang berdasarkan prinsip pemindahan panas, yaitu radiasi, konduksi, atau konveksi. Panas adalah energi yang mengalir karena adanya perbedaan suhu. Panas matahari yang sampai ke bumi merupa­kan contoh perpindahan panas yang menggunakan tiga cara sekaligus.

Pengurangan Perpindahan panas dengan konduksi dilakukan dengan meletakkan suatu benda di antara dua permukaan dinding. Jika suatu permukaan lebih tinggi suhunya daripada yang lain, panas akan mengalir melalui dinding dengan konduksi. Kecepatan mengalirnya panas pada dinding bergantung pacja konduktivitas bahan pembentuk dinding. Makin tinggi konduktivitas suatu bahan, makin buruk bahan itu sebagai isolasi panas.

Perpindahan panas dengan konveksi. Karena kon­duktivitas panasnya yang sangat rendah, udara dapat dipakai sebagai bahan isolasi. Pada rumah papan kayu yang berdinding dua lapis, udara di antara dinding, dindingnya merupakan isolasi. Pada musim dingin udara yang berada di antara kedua lapisan dinding bersinggungan dengan permukaan dingin di sebelah luar dan permukaan panas di sebelah dalam. Udara yang bersinggungan dengan permukaan dingin men­jadi lebih rapat, dan menyebabkan udara turun; se­dangkan udara yang bersinggungan dengan permu- kaan panas menjadi kurang rapat, dan menyebabkan­nya naik. Terbentuklah suatu siklus aliran udara. Cara perpindahan panas ini dinamakan konveksi.

Karena adanya konveksi, kecepatan perpindahan panas melalui dinding jauh lebih besar daripada biasa­nya. Dengan mengisi celah dinding dengan bahan ber­pori, sirkulasi udara akan terganggu dan kecepatan perpindahan panas karena konveksi akan sangat ber­kurang.

Perpindahan panas dengan radiasi berbeda dengan kedua cara di atas. Cara ini tidak membutuhkan ba­han perantara tertentu. Misalnya, bumi tetap mene­rima pancaran energi matahari meskipun ada ruang hampa di antara bumi dan matahari. Kecepatan pa­nas melalui radiasi bergantung pada beberapa faktor, termasuk suhu permukaan dan jenis permukaan. Se­buah permukaan logapi yang dipoles hanya sedikit me­mancarkan panas, mungkin hanya 1/25 kali permuka­an yang tidak mengkilap.

Karena itu di Indonesia orang sering memasang iso­lasi panas berupa lembaran kertas aluminium di ba­wah genteng rumah. Dengan cara ini aliran panas ber­kurang karena buruknya daya pancar permukaan lo­gam yang berkilat.

Incoming search terms:

  • pengertian isolasi
  • Apa itu isolasi
  • pengertian bahan isolasi
  • arti isolasi
  • definisi isolasi
  • apa yang dimaksud isolasi
  • pengertian isolasi listrik
  • Isolasi adalah
  • apa yang dimaksud dengan isolasi
  • materi isolasi

Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian isolasi
  • Apa itu isolasi
  • pengertian bahan isolasi
  • arti isolasi
  • definisi isolasi
  • apa yang dimaksud isolasi
  • pengertian isolasi listrik
  • Isolasi adalah
  • apa yang dimaksud dengan isolasi
  • materi isolasi