Advertisement

PENGERTIAN ISOTOP – Suatu ciri pada dua atom unsur yang massa relatifnya tidak sama. Isotop-isotop mempunyai pro­ton yang sama banyak dalam intinya, tetapi banyak­nya neutron berbeda. Beberapa unsur dikenal hanya mempunyai satu isotop alamiah, misalnya aluminium, fluor, emas, dan fosforus. Namun dengan kemajuan fisika dan kimia nuklir, telah dibuat isotop buatan yang umumnya radioaktif dari hampir semua unsur. Dari 109 unsur yang dikenal terdapat lebih dari 1700 isotop; 280 di antaranya adalah isotop stabil yang ter­dapat dalam alam, sekitar 50 isotop radioaktif yang terdapat dalam alam (termasuk uranium dan turunan­nya) dan sisanya berupa isotop buatan yang semua­nya bersifat radioaktif. Ada spekulasi bahwa kelak bila manusia telah dapat membuat unsur adiberat (no­mor atom 114 ke atas) akan ada isotop buatan yang stabil (tidak radioaktif). Banyak unsur diketahui mem­punyai 15 isotop buatan atau lebih. Beberapa unsur yang tak terdapat dalam alam (dalam Daftar Berkala kotaknya kosong) telah dibuat, misalnya teknetium (nomor atom 43), prometium (nomor atom 61), dan transuranium dengan nomor atom 93 s/d 109. Unsur radioaktif ini sangat pendek waktu-paronya, sehingga

terdapat lagi di bumi secara alamiah; kekecualian plutonium-244 masih ditemukan dalam kuantitas sa­ngat kecil.

Advertisement

Karena sifat-sifat kimia isotop-isotop itu praktis sama, dan sifat-sifat fisikanya pun hampir sama, maka proporsi isotop-isotop suatu unsur itu tetap, tak pe­duli dari mana asalnya. Namun dikenal beberapa ke­kecualian: helium yang terperangkap dalam batuan 100 persen adalah He-4 (karena berasal dari partikel alfa yang dinetralkan oleh dua elektron), sedangkan helium di udara terdiri atas He-4 dan sedikit He-3.

Kebanyakan unsur memiliki beberapa isotop yang terdapat secara alamiah. Misalnya hidrogen memiliki tiga isotop: protium, deuterium, dan tritium, masing- masing dengan nomor massa 1, 2, dan 3. Tritium ber­sifat radioaktif. Banyaknya proton menentukan no­mor atom, sedangkan banyaknya massa ditentukan oleh banyaknya proton dan neutron.

Isotop dinyatakan secara lengkap oleh lambang ki­mia, nomor atom dan nomor massa. Misalnya 23595U. Tetapi karena lambang dan nomor atom memberikan informasi yang sama, nomor atom sering dihapus, menjadi misalnya 235U atau U-235. Beberapa unsur memiliki banyak isotop, misalnya timah memiliki 10 isotop alamiah. Isotop paling ri­ngan Sn-112, paling berat Sn-124, paling melimpah Sn-120 dan paling langka Sn-115.

 

Incoming search terms:

  • lambang isotop
  • pengertian isotop secara lengkap

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • lambang isotop
  • pengertian isotop secara lengkap