Advertisement

PENGERTIAN IWO JIMA – Pulau di lepas pantai Jepang yang ter­kenal karena menjadi medan pertempuran sengit an­tara tentara Amerika Serikat (AS) dan Jepang dalam Perang Dunia II. Ketika MacArthur memimpin Pe­rang Pasifik, ia melakukan siasat loncat kodok, yaitu merebut pulau-pulau penting sebagai tempat berpijak guna melakukan pendaratan ke Jepang. Iwo Jiwa, di samping Okinawa, menjadi batu loncatan penting bagi pasukan MacArthur. Dalam perang memperebutkan pulau itu, 22.000 tentara Jepang tewas. Di pihak AS, lebih dari 6000 tentara tewas dan 16.500 luka-luka. Keadaan tanah yang lembek mempermudah Jepang menggali parit-parit perlindungan sehingga AS sulit merebutnya. Nilai penting pulau ini terletak pada ter­dapatnya sejumlah landasan pacu, yang kemudian di­manfaatkan AS untuk membom Jepang dengan pe­sawat B-29.

Luas pulau ini 20 kilometer persegi dengan panjang 8 kilometer dan lebar 4 kilometer pada bagian terlebar. Setelah perang, pulau ini tetap dipegang AS hingga saat dikembalikan kepada Jepang tahun 1968.

Advertisement

Barang tambang terpenting ialah belerang. Keadaan tanahnya yang subur memungkinkan dikembangkan­nya kegiatan pertanian untuk tanaman kapas, tebu, cokelat, kopi, dan pohon buah-buahan.

Advertisement