Advertisement

PENGERTIAN IZVESTIA – Yang artinya berita, merupakan surat kabar terpenting nomor dua di Uni Soviet setelah Pravda (Kebenaran). Izvestia adalah organ atau co- rong resmi Presidium Soviet Tertinggi (parlemen) Uni Republik-republik Sosialis Soviet (URSS), sedangkan Pravda organ Komite Sentral Partai Komunis. Teta- pi keduanya kadang-kadang memuat berita yang sa­ma. Surat kabar terpenting nomor tiga di Rusia ialah Konsomolskaya Pravda, organ Liga Pemuda Komu­nis, walaupun oplahnya lebih besar daripada Izvestia. Oplah ketiga surat kabar ini: Pravda 11 juta eksem­plar, Konsomolskaya Pravda 10 juta eksemplar, se­dangkan Izvestia 8,6 juta eksemplar.

Pada tahun 1978, Partai Komunis membentuk De­partemen Penerangan Internasional di lingkungan Ko­mite Sentral, yang bertanggung jawab mengawasi baik Izvestia maupun Pravda. Departemen ini juga meng­awasi kedua kantor berita, Tass dan Novosti, serta Ra­dio Moskwa dan bagian penerangan di setiap keduta­an besar Rusia. Ini dimaksudkan agar pemerintah Ru­sia dapat menjalankan program penerangan dan pro­paganda luar negerinya secara lebih efektif.

Advertisement

Izvestia adalah surat kabar siang yang diterbitkan setiap hari, kecuali hari Senin. Rusia memang mem­punyai tradisi untuk tidak menerbitkan surat kabar pada hari Senin, kecuali Pravda yang terbit setiap hari termasuk hari Minggu. Isi Izvestia mengutamakan hubungan-hubungan pemerintahan dan sarat dengan berita luar negeri. Setiap hari Minggu, harian ini dilengkapi suplemen bernama Nedelya (Minggu), berisi karangan khas {feature) dan satir. Seperti semua penerbitan pers lainnya di Rusia, surat kabar ini mendapat subsidi dari negara sehingga harga jual dapat ditekan.

Perusahaan Percetakan Izvestia mencetak pula dua surat kabar lainnya, Trud (Buruh), organ serikat-serikat buruh; dan mingguan Moscow News, yang di terbitkan dalam empat bahasa (Rusia, Inggris, Arab, dan Perancis). Izvestia dan Trud, yang masing-masing beroplah sekitar 8,6 juta eksemplar, dicetak secara se rentak di berbagai kota dengan pengiriman matris melalui faksimili dari Moskwa ke kota-kota itu. Dengan demikian kedua surat kabar ini biasanya dapat di­edarkan pada hari yang sama di seluruh negeri yang luas itu.

Advertisement