Advertisement

PENGERTIAN JAMAN PENCERAHAN – Ditandai dengan timbulnya gerakan yang mencoba mendominasi seluruh dunia manusia melalui penggunaan akal budi. Nama lain jaman ini adalah Fajar Budi. Jaman Pencerahan ini terjadi pada abad ke-17 dan 18.

Rangsangan hebat bagi kebebasan intelektual sejalan dengan masa akil balig dan pertumbuhan kepercayaan diri orang-orang Barat akibat keberhasilan ilmu pengetahuan alam. Keberhasilan itu sering disebut sebagai sebab munculnya jaman ini. Timbul semacam keyakinan bahwa akal budi manusia mampu menyelami semua realitas secara sempurna. Akal budi ditegakkan untuk menghalau kabut ketidaktahuan dan misteri yang menindih roh manusia dan membuat manusia menjadi tidak bahagia.

Advertisement

Ide yang berpengaruh ini dilontarkan oleh d’Hol- bach (1723-1789) dalam bukunya Systeme de la Nature (1770). Kata pembukaannya: “Manusia tidak bahagia karena ketidaktahuannya akan alam.” Alam dapat diketahui melalui pengalaman dan pikiran manusia; penjelasan tentang alam tidak dapat dicari dalam keyakinan atau kepercayaan tradisional atau dalam wahyu yang tanpa bukti dari Gereja. Ada suatu kesinambungan mendasar antara orang dan dunia alam lainnya, antara perilaku hewan dan manusia; semua gejala alamiah, termasuk mental, dapat dijelaskan dalam lingkup organisasi dan aktivitas materi.

Berdasarkan pandangan agama, Pencerahan agaknya disebabkan kejemuan akan kesenjangan yang besar antara kelompok-kelompok religius; atas dasar ini timbul semacam harapan dan upaya untuk menemukan suatu prinsip kesatuan dan rekonsiliasi dalam akal budi manusia umum yang satu. Suatu percobaan dibuat untuk menemukan semacam denominator (angka sebutan dalam bilangan pecahan) dalam semua pengakuan religius, tetapi itu akhirnya bermuara dalam sejenis agama natural atau rasional yang meniadakan semua landasan perwahyuan supernatural, serta semua kewibawaan dan kekuasaan yang berasal dari Tuhan. Muncullah agama-agama dalam bentuk deisme sebagaimana kebanyakan agama-agama asli.

Pencerahan mulai di Inggris dan Perancis. Di Inggris Pencerahan berjalan seiring dengan empirismenya Locke dan Hume, sedang di Perancis dan Belanda dengan Descartes dan Spinoza. Dasar Pencerahan Perancis dan Jerman (Leibniz, Wolff, Reima- rus, Lessing, Kant) adalahrasionalisme. Pencerahan sering juga ditunjuk sebagai latar belakang bergolak nya revolusi Perancis.

Advertisement