Advertisement

PENGERTIAN KABEL – Berfungsi sebagai jalan untuk melewatkan energi listrik dari satu tempat ke tempat lain. Kabel itu dapat terdiri atas satu kawat atau lebih, yang masing- masing umumnya diisolasi, agar arus listrik yang me­lewati kawat itu tersekat. Di samping isolasi, kabel memiliki selubung pelindung untuk melindungi lapis­an isolasi. Sesuai dengan kegunaannya, ada dua jenis kabel, yakni kabel untuk penyaluran tenaga listrik dan kabel untuk penyaluran sinyal listrik. Kabel untuk pe­nyaluran tenaga listrik digunakan di bidang tenaga lis­trik, sedangkan kabel untuk penyaluran sinyal listrik digunakan di bidang telekomunikasi (telepon, tele­graf, dsb.). Tenaga penyaluran sinyal dalam rangkaian kabel telepon mungkin hanya sekian per sejuta watt. Kedua jenis kabel ini tidak sama dan masing-masing memiliki ciri yang berbeda.

Bahan Kabel.

Advertisement

Sebagai penghantar digunakan tem­baga, aluminium atau baja. Tembaga sangat meng­hantar arus listrik dan mudah dibengkokkan. Aluminium tak selentur dan tak sebagus tembaga dalam menghantar arus listrik, tetapi lebih ringan. Sebenar­nya perak merupakan penghantar terbagus, tetapi sa­ngat mahal. Baja digunakan bilamana keuletan juga merupakan faktor penting, misalnya bila jarak antar- tiang sangat besar, atau pada kabel bawah laut.

Sebagai isolator digunakan berbagai jenis karet alam, karet vulkanisasi, dan karet buatan seperti neo- prena. Kertas yang dijenuhi minyak dan dibungkus kedap juga digunakan. Bahan isolator modern umum­nya adalah berbagai jenis plastik, seperti misalnya po- livinil klorida dan polietilena. Akhir-akhir ini peng­gunaan teflon juga meluas.

Kabel Tenaga Listrik.

Kabel arus searah kuno. Se­telah Thomas Edison mengembangkan lampu pijar dalam tahun 1879, orang mulai memerlukan kabel un­tuk meneruskan tenaga listrik. Arus yang mula-mula disalurkan adalah arus searah. Kabel arus searah per­tama dikembangkan oleh Thomas Edison. Kabel ini terdiri atas dua penghantar yang penampangnya beru­pa setengah lingkaran. Penghantar ini disekat dengan kertas dan ditaruh di dalam pipa. Sesudah itu ke dalam pipa dipompakan lilin cair, yang setelah membeku berperan sebagai isolator cukup baik untuk selisih voltase sampai 100 volt. Kabel yang diperoleh dengan cara ini hanya mampu meneruskan arus searah ber- voltase rendah sejauh 1250 meter. Lebih jauh dari itu, susut energi karena berubah menjadi panas sudah ter­lalu banyak.

Kabel arus bolak-balik kuno digunakan orang sete­lah ditemukan transformator. Keuntungan arus bolak- balik adalah lebih tingginya efisiensi, karena susut energi menjadi panas akan relatif kecil, bila diguna­kan tegangan tinggi. Di tempat tujuan tegangan itu da­pat diturunkan kembali agar tidak berbahaya. Kabel ini terdiri atas dua pipa tembaga ko’nsentrik (diameter 2,06 dan 4,92 sentimeter) yang disekat dengan kertas berlilin setebal 0,48 sentimeter. Seluruh perangkat ini dimasukkan ke dalam pipa besi. Rongga yang ada dii­si dengan aspal. Pipa tembaga luar dibumikan. Kabel semacam ini hanya tahan tegangan 33.000 volt, dan lazim digunakan hanya sampai 10.000 volt.

Kabel tegangan tinggi bikinan Luigi Emmanueli (1920) menggunakan minyak sebagai isolasi. Henry W. Fisher dan Ralph W. Atkinson (1925) meng­gunakan kabel bertekanan gas. Isolator dikenai udara atau nitrogen untuk meningkatkan sifat isolasi listrik­nya. Kabel-kabel semacam ini dipasang di bawah ta­nah. Masalah yang dihadapi adalah efek kapasitif yang akan mengakibatkan susutnya daya karena ener­gi listrik berubah menjadi panas.

Kabel yang ditaruh pada tiang biasanya tak beriso- lator, kecuali pada penopangnya. Kabel ini terbuat da­ri tembaga dan aluminium, baja dan aloi tembaga dan aluminium. Efek yang serius adalah }nduktans kawat- kawat yang dipasang sejajar ini; makifr besar induk- tans akan makin besar susut daya karenienergi listrik berubah menjadi panas dan gelombang’ Elektromag­netik. Kabel semacam ini cukup memuaskan untuk te­gangan sampai 250.000 volt. Di at|s voltase ini digu­nakan kabel terisolasi bertekanan.

Kabel bawah tanah menghadapi masalah timbul­nya panas oleh aliran listrik yang tak lekas terbuang seperti kabel pada tiang. Kadang kabel semacam ini didinginkan dengan air atau minyak.

Kabel dalam air mempunyai keuntungan ter­hindarnya keadaan lewat-panas. Namun bagaimana pun air bersifat korosif. Di negeri berpulau-pulau se­perti Jepang, Inggris, Italia, dan juga Perancis dan Amerika Serikat digunakan kabel berisi minyak dan kabel gas yang melewati bawah permukaan laut. Dalam tahun 1965 dipasang kabel terpanjang di dunia, yakni antara Sardinia dan Tuskani di Italia un­tuk menyalurkan energi sebanyak 200 megawatt arus searah.

Kabel Komunikasi.

Sistem komunikasi listrik ja­rak-jauh yang pertama kali direka orang adalah kabel telegraf pada tahun 1830. Kabel ini mula-mula tanpa isolasi dan direntang antara tiang-tiang.

Kabel serupa untuk telepon menjadi kurang me­muaskan, karena jarak yang terlalu jauh akan sangat mengurangi tenaga isyarat, sehingga derau dan dis­torsi akan sangat mengganggu pembicaraan. Untuk mengatasi gangguan ini dipasang kumparan induksi untuk memperkuat dan memperjelas suara.

Kabel telepon daratan yang modern dapat meng­hantar sejumlah isyarat percakapan pada frekuensi ycng berlainan sekaligus. Isyarat itu dapat diperkuat berkat ditemukannya tabung vakum. Digunakan filter nada untuk memisahkan percakapan pada frekuensi yang berlainan. Dengan perkembangan ini kabel ber­beban yang laifia tidak lagi memenuhi syarat. Maka -dikembangkan konstruksi kabel pasangan-banyak {multipair-cable) dengan urutan: (1) isolasi kertas, penghantar kembar atau kelompok empat penghantar; (2) isolasi kertas dan plastik, penghantar pasangan- banyak, dan pelindung majemuk, plastik atau logam; dan (3) isolasi plastik, penghantar pasangan-banyak, dan pelindung plastik, misalnya polivinil klorida dan polietilena.

Selanjutnya kabel pasangan banyak inipun diganti­kan oleh kabel koaksial tanpa beban, yang susunan­nya adalah penghantar-dalam, isolasi, dan penghantar luar yang konsentrik. Konstruksi ini sesuai untuk penghantaran arus listrik berfrekuensi sangat tinggi. Dua puluh kabel koaksial bergaris tengah 0,953 senti­meter ini diberkas dalam suatu selubung pelindung. Kabel koaksial ini digunakan sepasang demi sepa­sang, satu untuk masing-masing arah. Bila sepasang digunakan untuk cadangan maka satu bundel itu me­mungkinkan 9 x 3600 = 32.400 percakapan serentak.

Kabel laut. Sebelum tahun 1848 banyak usaha di­lakukan orang untuk menemukan isolasi yang cocok untuk laut. Telah dicoba, misalnya, sisal beraspal, ka­pas berminyak, rotan belah dan karet india. Tak satu pun cocok. Baru karet (perca) yang dinilai tahan ter­hadap air laut.

Kabel telegraf bawah laut pertama antara Dover dan Calais terbuat dari empat kawat tembaga yang dii­solasi dengan karet alam. Kabel trans-atlantik sepan­jang 3432 kilometer (antara Valentia, Irlandia, dan Newfoundland, Kanada) terdiri atas 7 kawat tembaga dan empat lapis isolasi karet yang dibungkus sisal berter. Sebagai pelindung digunakan 10 kawat baja yang masing-masing disalut sisal berminyak.

Kabel telepon laut mengikuti suksesnya pema­sangan kabel telegraf laut. Kabel pertama dipasang dari kepulauan Man ke Wales dalam tahun 1943. Ka­bel ini dilengkapi dengan penguat pengulang pada se­lang-selang tertentu. Penguat pengulang ini merupa­kan benjolan-benjolan pada kabel, karena ditaruh dalam wadah berongga yang terbuat dari baja fleksi­bel. Kabel semacam ini harus dipasang berpasangan, karena penguat itu hanya bekerja untuk satu arah. Da­lam tahun 1963 orang mampu membuat pengulang yang bekerja pada dua arah, sehingga misalnya antara Florida dan Jamaica dipasang satu kabel koaksial tunggal. Kabel ini menyajikan 128 saluran telepon un­tuk percakapan dua arah.

Incoming search terms:

  • pengertian kabel
  • pengertian kawat tembaga
  • jelaskan pengertian kawat dan kabel berisolasi
  • Pengertian kabel tegangan tinggi
  • pengertian kabel isolasi
  • kenapa kabel listrik dipasang sejajar
  • kegunaan kabel berisi minyak
  • pengertian multipair
  • kawat baja yang terdapat pada kabel telepon
  • fungsi kabel multipair

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian kabel
  • pengertian kawat tembaga
  • jelaskan pengertian kawat dan kabel berisolasi
  • Pengertian kabel tegangan tinggi
  • pengertian kabel isolasi
  • kenapa kabel listrik dipasang sejajar
  • kegunaan kabel berisi minyak
  • pengertian multipair
  • kawat baja yang terdapat pada kabel telepon
  • fungsi kabel multipair