Advertisement

PENGERTIAN KANTOR BERITA – Salah satu jenis lembaga media massa yang menjual berita kepada banyak jenis media massa lainnya—baik media tercetak maupun media elektronik—seperti surat kabar, majalah berita serta stasiun-stasiun siaran radio dan televisi. Kantor berita dengan demikian tidak dimaksudkan untuk melayani keperluan satu penerbitan atau satu pusat siaran saja. Selain menjual berita, kantor berita juga menyiarkan feature (karangan khas) yang pada umumnya berbentukfeature berita, tulisan analisis yang masih berkait­an dengan beritd hangat. Di samping itu, kantor berita biasanya menyediakan pula pelayanan foto berita.

Pengiriman naskah berita oleh kantor berita pada umumnya dilakukan melalui hubungan telekomunikasi, dengan menggunakan aneka alat, mulai dari ja­ringan telegraf hingga sampai ke jaringan komputer. Karena kedudukannya sebagai pusat pemberitaan yang harus melayani banyak media massa dengan pa­ham politik yang berbeda-beda, maka berita yang di­sebarkannya haruslah objektif dan tidak memihak. Berita itu juga harus cukup penting atau sangat mena­rik agar dapat digunakan oleh sebanyak mungkin pelanggan.

Advertisement

Dengan adanya kantor berita, media massa lain da­pat menghemat anggaran karena tidak harus mengi­rimkan atau menempatkan sendiri korespondennya ke berbagai penjuru dunia. Misalnya Associated Press (AP), kantor berita tertua dan terbesar di Amerika Se­rikat, didirikan oleh enam surat kabar di New York pada tahun 1848 dalam bentuk koperasi untuk meng­hemat anggaran para anggota koperasi itu dalam ke­giatan peliputan berita nasional dan internasional. Juga Kantor Berita Nasional Indonesia (KNI) yang berpusat di Jakarta didirikan oleh 11 surat kabar ha­rian pada tahun 1966 untuk meringankan biaya eks- ploatasi surat kabar itu masing-masing dalam peliputan berita.

Karena mahalnya pembiayaan kegiatan kantor be­rita, hanya tiga di antara “lima besar” kantor berita internasional yang dapat hidup tanpa subsidi pemerin­tah, yakni AP dan United Press International (UPI) di Amerika Serikat serta Reuters di Inggris. Agence France-Presse (AFP) di Perancis tidak mendapat sub­sidi langsung dari pemerintah, tetapi berbagai kemen- terian melanggani beritanya sehingga kerja sama ini dapat dikatakan merupakan subsidi tidak langsung atau terselubung. Telegrafnoye Agentsvo Soviets- kovo Soyuza (TASS) di Uni Soviet adalah organ pe­merintah.

Dalam bahasa Inggris, kantor berita disebut dengan beberapa istilah: news agency (kantor berita), news service (dinas pemberitaan) dan wire service (dinas berita kawat). Kantor berita juga disebut press asso­ciation (perhimpunan pers); nama itu mengacu kepa­da kantor berita seperti AP, misalnya yang berbentuk usaha koperasi.

Kantor Berita Tertua. Havas yang didirikan oleh Charles Havas di Perancis pada tahun 1836 adalah kantor berita tertua di dunia, disusul oleh AP di Ame­rika Serikat. Tetapi Havas dirampas oleh tentara pen­dudukan Jerman dan hancur selama Perang Dunia II dan kemudian digantikan oleh AFP yang didirikan pa­da tahun 1944.

Kantor berita tertua di Indonesia ialah Algemeen Nieuws- en Telegraaf-Agentschap (Aneta) atau Kea- genan Umum Berita dan Telegraf, yang didirikan di Batavia (Jakarta) pada tahun 1917. Kantor berita mi­lik Belanda itu didirikan oleh Dominique W. Berretty, wartawan keturunan Italia (ayah) dan Jawa (ibu) yang dilahirkan di Yogyakarta.

Sebenarnya ada satu kantor berita Indonesia lain­nya yang lebih tua, tetapi tidak didirikan di Indonesia melainkan di Den Haag, Nederland. Kantor berita itu adalah Indonesisch Persbureau (IP) yang didirikan pa­da tahun 1913 oleh R.M. Soewardi Soerjaningrat (Ki Hadjar Dewantara) yang sedang mengalami masa pembuangan di Nederland.

Kantor berita pertama milik bumiputra yang berada di Indonesia ialah Borneo Pers- en Nieuws-Agent- schap (Borpena) atau Keagenan Pers dan Berita Bor­neo. Borpena, yang didirikan oleh Housman Babu di Banjarmasin pada tahun 1926, lalu diubah namanya menjadi Kalimantan Pers- en Nieuws-Agentschap (Kalpena)pada tahun 1928. Kantor berita tertua yang masih ada sampai sekarang ialah Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, yang didirikan pada tahun 1937 oleh Albert Manoempak Sipahoetar, R.M. Soemanang Soeriowinoto, Adam Malik, dan Pandoe Kartawigoena. Pada tahun 1962, Presiden Sukarno menggabungkan Persbiro Indonesia (PIA) dengan Antara. Pada waktu yang bersamaan, Antara juga me­nampung para karyawan dua kantor berita lainnya, Asian Press Board (APB) dan Indonesian National Press and Publicity Service (INPS) yang dibubarkan presiden. Semula Antara didirikan sebagai badan swasta, dan kemudian menjadi kantor berita semipemerintah di bawah presiden dan disubsidi pemerintah sampai sekarang.

Sejak tahun 1962 sampai tahun 1966, Antara meru­pakan satu-satunya kantor berita yang diizinkan ber­diri di Indonesia. Pada tahun 1966 didirikan KNI, yang kehadirannya dimungkinkan oleh Undang-un­dang Pokok Pers yang disahkan tahun itu. Undang- undang yang disahkan Presiden Sukarno pada tanggal 12 Desember 1966 itu, menyatakan dalam bab IV, pa­sal 9, ayat 1: “Untuk menyempurnakan pemberitaan ke dalam dan ke luar negeri badan-badan pers kolektif dapat mendirikan kantor berita.” Selanjutnya disebut­kan dalam ayat 2: “Pemerintah dapat mendirikan se­buah kantor berita.”

Tetapi sebenarnya pada tahun sebelumnya sudah ada satu pusat media lain yang berfungsi sebagai kan­tor berita, yaitu Pusat Pemberitaan Angkatan Bersen­jata (PAB), salah satu media yang didirikan kalangan militer, untuk melawan propaganda Partai Komunis Indonesia (PKI). Antara dan kedua kantor berita lain­nya yang lebih kecil, KNI dan PAB, tetap berdiri sam­pai sekarang.

Incoming search terms:

  • pengertian kantor berita
  • kantor berita indonesia
  • kantor berita adalah
  • pengertian kantor
  • definisi kantor berita
  • apa definisi kantor berita
  • Apa itu kantor berita
  • kantor berita pertama di dunia
  • pengerertian kantor berita
  • pengertian kantor berita menurut unesco

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian kantor berita
  • kantor berita indonesia
  • kantor berita adalah
  • pengertian kantor
  • definisi kantor berita
  • apa definisi kantor berita
  • Apa itu kantor berita
  • kantor berita pertama di dunia
  • pengerertian kantor berita
  • pengertian kantor berita menurut unesco