Advertisement

Pelni (PT Pelayaran Nasional Indonesia) adalah maskapai penumpang laut yang mempunyai beberapa kapal besi yang berukuran besar yang melayani seluruh rute domestik di kepulauan Nusantara. Kapal-kapal besi yang dimiliki PT Pelni ini pada dasarnya buatan Jerman dari perusahaan pembuatan kapal laut Meyer Werft. Pada saat sekarang PT Pelni mempunyai 23 kapal, yang terdiri atas 14 kapal berukuran sekitar 15.000 ton yang dapat mengangkut antara 2.000-3.000 penumpang yang terdiri atas 4 kelas. Sementara 9 kapal lainnya berukuran sekitar 5.700 ton, dapat mengangkut lebih dari 1.000 penumpang.

Pada masa yang akan ciatang kebutuhan akan kapal ini akan dipasok oleh perusahaan dari Surabaya PT PAL yang akan membuat kapal jenis kecil yang dapat mengangkut penumpang sekitar 500 orang penumpang sebanyak 3 kapal. Kapal jenis ini diusahakan untuk melayani daerah-daerah atau provinsi yang mempunyai pelabuhan laut yang relatif kecil.

Advertisement

Nama-nama kapal milik Pelni dengan rute pelayaran yang disinggahi adalah KM Lawit Qakarta-Gunung Sitoli); KM Ciremai Qakarta-Fakfak, Jakarta-Banda, Jakarta-Makassar); KM Dobonsolo Qakarta-Dumai, Jakarta-Balikpapan, JakartaTarakan); KM Nggapulu (Jakarta-Biak, Jakarta-Bitung); KM Sirimau (JakartaBelinyu, Jakarta-Batulicin); KM Kelud (Jakarta-Belawan, Jakarta-Batam) (Gambar 8.32); KM Lambelu (Jakarta-Baubau, Jakarta-Ambon, Jakarta-Kijang); KM Sinabung Oakarta-Banggai). Beberapa kapal lainnya seperti Tampomas dan Kerinci sudah tidak digunakan lagi.

 

Advertisement