PENGERTIAN KARAKTERISTIK MENTAL

76 views

Karakteristik mental dan fisik membantu menetapkan proses kerja yang sesuai untuk perseorangan. Mereka menunjukkan liiga bentuk dan intensitas dari proses fisik yang dapat diharap- kan untuk dilaksanakan. Beberapa individu lebih baik pada pekerjaan yang membutuhkan kemampuan mekanik, yang lain lebih baik dalam pekerjaan yang membutuhkan kerja otak. Kalau seorang individu diberikan sebuah pekerjaan yang monoton, ia akan menjadi cepat bosan dan malas. Apabila seseorang diberikan pekerjaan yang di luar kemampuannya, ia mungkin menjadi cemas/frustasi atau menolak. Seseorang yang diberikan lugas secara tidak sesuai, tidak diharapkan untuk memberikan prestasi dalam usaha-usaha kerja sama. i ‘) Karakteristik emosi adalah bagian khusus yang sangat penting dalam kepribadian prajurit. Caranya menghadapi hal yang sulit, bahaya atau kekerasan semuanya harus dimengerti oleh komandan. Di bawah tekanan, seseorang mungkin menjadi marah, yang lain mungkin keluar atau melarikan diri, atau mungkin yang lain akan menerimanya dengan tenang.

l ipc pribadi adalah unik dan dapat berubah. Seseorang berubah secara fisik, mental, dan emosi sambil ia matang dan mendapatkan pengalaman-pengalaman. Faktor yang membantu dalam pemben- inkan pribadi adalah:

(1)          Asal-usul

Setiap orang mewarisi banyak sifat-sifat dari orang tuanya. Seseorang mungkin mewarisi kemampuan untuk menjadi ahli yang menyolok. Ia mungkin mewarisi kekuatan untuk tumbuh menjadi setinggi 6 kaki. Apa yang diwarisinya akan dicapai baik dipengaruhi oleh faktor sekeliling dan pengalaman maupun usaha dirinya.

(2)          Faktor lingkungan

Aspek-aspek lingkungan yang diketahui dari seorang prajurit keluarganya, agamanya, sekolah yang ditempuhnya, dan bentuk makanan membentuk faktor lingkungan hidup. Hal-hal ini memberikan efek perkembangan pribadinya. Misalnya seorang prajurit yang mewarisi kemungkinan untuk tumbuh 6 kaki; bentuk makanan, latihan, dan kesehatan merupakan bagian dari faktor lingkungan yang mungkin membantu atau menggagalkan ia dalam mencapai tinggi tersebut. Faktor lingkungan tiap orang mungkin mempercepat atau memperlambat kemajuan kemampuan mental yang dimilikinya.

(3)          Pengalaman

Hal yang sama yang dapat dise j ajarkan dengan faktor lingkungan adalah mengembangkan kepribadiannya yang satu banyak dipengaruhi pengalaman daripada yang lain. Pengalaman unik akan menyebabkan pengaruh pada mental dan fisik seseorang. Sebagai tambahan, pengalaman yang berbeda-beda akan memainkan peranan di dalam pertumbuhan dengan pembentukan perasaannya. Karena perbedaan dasar faktor lingkungan dan pengalaman, maka tiap-tiap orang harus dievaluasi sendiri- sendiri, sehingga perlu hati-hati dalam mengambil pertimbangan secara universal.

Incoming search terms:

  • karakteristik mental
  • definisi mental

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *