Advertisement

PENGERTIAN KARANG – Suatu keluarga luas patrilineal virilokal pada masyarakat Bali Trunyan. Karang terdiri atas sa­tu keluarga inti senior ditambah keluarga inti anak laki-lakinya, yang berdiam dalam satu kompleks perumahan yang juga disebut karang.

Kelompok kekerabatan karang memiliki berbagai fungsi bagi anggotanya, antara lain untuk mengurus warisan, mengurus upacara lingkaran hidup warga ka­rang, mengatur kehidupan ekonomi serta hubungan sosial di antara warga karang.

Advertisement

Prinsip keturunan orang Trunyan adalah berdasar­kan asas ultimogenitur, oleh sebab itu anak yang ber­hak mewarisi rumah utama karang adalah anak laki-laki termuda. Anak-anak yang lebih tua hanya dibuatkan rumah di sekitar karang ayahnya. Seorang putra bungsu yang telah menikah akan menjadi kepala karang ayahnya, dan selain mewarisi bangunan rumah karang utama beserta isinya, ia juga mewarisi benda pusaka keluarga luasnya.

Seorang anak perempuan yang menikah akan men­jadi anggota karang suaminya. Pengasuhan seorang anak juga menjadi tanggung jawab seluruh anggota karang yang rumahnya berada dalam satu kompleks karang tersebut.

Advertisement