Advertisement

PENGERTIAN KARDAN – Dalam bahasa Inggris differential gear, adalah pertemuan roda-roda gigi yang menghubung­kan dua poros terpisah dan menyebabkan dua poros itu berputar pada kecepatan yang berbeda. Roda gigi khusus ini disebut kardan untuk menghormati penemu sistem kerjanya, Cardano Girolamo. Meskipun tidak benar, kebanyakan orang awam menganggap kardan adalah seluruh bagian pemindah tenaga, mulai dari batang penggerak yang keluar dari mesin mobil (ba­tang kardan), roda-roda gigi pemindah, hingga poros as roda yang berhubungan dengan roda. Di Indonesia istilah kardan lebih populer dengan sebutan gardan.

Kardan paling umum dipakai pada mobil. Pada mo­bil berpenggerak roda belakang, kardan menghubung­kan dua poros roda belakang yang terpisah, sehingga memberikan kekuatan tenaga gerak yang sama besar­nya pada roda belakang, dan mengizinkannya semen­tara waktu berputar pada kecepatan yang berbeda ketika mobil membelok di tikungan, saat roda sebelah luar menempuh jarak lebih panjang dibanding roda sebelah dalam. Cara kerja ini mencegah tergelincir­nya roda secara tak semestinya di atas aspal sehingga akan menyebabkan cepat ausnya ban, dan mengurangi tegangan poros roda.

Advertisement

Saat bergerak, roda-roda mobil menempel pada ujung terluar poros as belakang yang terpisah. Tenaga diteruskan ke as belakang dari batang penggerak me­lalui kardan. Saat batang penggerak berputar, roda gi­gi pengikat {pinion) memutar (gelang kardan) roda gigi cincin dan penyungkupnya {spider), yang secara keras berdempet dengan roda gigi pengikat. Saat penyungkup berputar, roda gigi pengikat di dalamnya memutar roda-roda gigi samping, yang diteruskan ke ujung bagian dalam as belakang yang terpisah. t Ketika mobil bergerak lurus, roda-roda gigi sam­ping, roda gigi pengikat, serta penyungkupnya, tidak bergerak secara relatif terhadap yang lain, tetapi ber­putar sebagai satu kesatuan. Ketika mobil berputar di suatu tikungan, kedua roda gigi samping berputar pa­da kecepatan yang berbeda sehingga satu roda berpu­tar lebih cepat dibanding yang lainnya. Perbedaan kecepatan roda gigi samping diimbangi oleh roda gigi Pengikat dan penyungkup, yang putarannya juga me­nambah kecepatan sebuah roda gigi samping yang satu dan diimbangi oleh suatu persesuaian pengurangan kecepatan roda gigi samping lainnya. Roda-roda gigi pengikat dan penyungkupnya ber­putar dengan kecepatan yang merupakan persamaan aljabar dari kecepatan putaran roda-roda gigi sam­ping. Persamaan aljabar ini diciptakan oleh Cardano Girolamo (1501 – 1576), seorang ilmuwan Italia.

Incoming search terms:

  • arti gear musik
  • penemu differential gear

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • arti gear musik
  • penemu differential gear