Advertisement

PENGERTIAN KEDOKTERAN HEWAN – Atau kedokteran veteri­ner, adalah ilmu yang mempelajari berbagai penyakit pada hewan, pencegahannya, dan pengobatannya. Is­tilah veteriner berasal dari kata Latin veterinae yang berarti hewan beban, penarik maupun hewan rumahan. Ilmu ini sudah dikenal sejak jaman dulu, namun sekolah pertama yang mengkhususkan diri dalam il­mu ini baru didirikan sekitar pertengahan abad ke-18 di Perancis. Kemudian pada abad berikutnya, seko­lah-sekolah semacam itu mulai bermunculan di Eropa dan Amerika. Kini, telah banyak fakultas kedokteran hewan hampir di setiap negara, termasuk Indonesia. Gelar kesarjanaan yang dipakai oleh lulusan fakultas ini dokter hewan, yang di Amerika disebut D.V M. (Doctor of Veterinary Medicine).

Pengetahuan dalam bidang ini berkaitan erat de­ngan pengetahuan di bidang kedokteran manusia. Ba­nyak penyakit yang menyerang manusia ditemukan pula pada hewan. Metode dan alat-alat yang dipakai dalam kedua bidang ilmu ini sering pula sama. Bah­kan ilmu-ilmu dasar yang dipelajari pun sama, mi­salnya: anatomi, fisiologi, patologi, mikrobiologi, parasitologi, dan farmakologi. Ilmu-ilmu spesialistik, yang dikenal dalam dunia kedokteran manusia, kini sebagian besar juga telah menjadi bidang-bidang spe­sialisasi dalam kedokteran hewan.

Advertisement

Dokter hewan berperanan penting dalam dunia pe­ternakan. Daging potong perlu ditelitinya sehubungan dengan kelaikan untuk dikonsumsi oleh masyarakat. Dokter hewan juga berperan dalam mengenali secara dini kemungkinan timbulnya penyakit menular pada berbagai hewan ternak. Ia juga diharapkan mampu melakukan tindakan pencegahan agar tidak terjadi wabah, atau bila wabah sudah terjadi, ia mampu men­cegah penyebaran lebih lanjut dan mengobati hewan yang sudah terserang penyakit. Bidang lain yang dita­ngani oleh dokter hewan meliputi penelitian, terutama terhadap penyakit hewan yang menyebabkan keru­gian besar di bidang peternakan, vaksinasi, dan upaya preventif lainnya. Dokter hewan dalam praktik swasta sering menangani hewan piaraan yang sakit atau yang mendapat pelayanan kesehatan rutin.

Incoming search terms:

  • arti dari tindakan preventif untuk hewan ternak
  • istilah Kedokteran hewan
  • pengertian fakultas dokter hewan
  • pengertian kedokteran hewan

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • arti dari tindakan preventif untuk hewan ternak
  • istilah Kedokteran hewan
  • pengertian fakultas dokter hewan
  • pengertian kedokteran hewan