Advertisement

Adalah kehamilan yang terjadi di luar rahim karena telur yang telah dibuahi tertanam dan tumbuh di luar rahim. Kehamilan se­perti ini berbahaya bagi wanita yang bersangkutan, karena mungkin terjadi kegawatan berupa kehamilan ektopik terganggu. Sebagian besar kehamilan ektopik berlokasi pada tuba Falopii, tetapi bisa juga pada le­her rahim, indung telur, atau di dalam rongga perut.

Kehamilan ektopik dapat terjadi bersama-sama dengan kehamilan normal; jadi dalam satu kehamil­an terdapat dua janin, yang satu di dalam rahim dan yang lain di luar rahim. Berbagai hal dapat menye­babkan kehamilan ektopik, misalnya infeksi yang me­nyebabkan saluran tuba menyempit atau buntu, ope­rasi sterilisasi yang tidak sempurna, atau pertumbuh­an telur yang terlalu cepat.

Advertisement

Kehamilan ektopik biasanya terganggu pada umur kehamilan 6—8 minggu. Kegawatan yang dapat ter­jadi adalah perdarahan akibat keguguran, atau pecah­nya dinding tuba. Kemungkinan lain yang dapat ter­jadi adalah matinya hasil konsepsi dan diserap sem­purna oleh tubuh, atau keluarnya janin dari tuba dan tumbuh terus di dalam rongga perut di antara organ- organ dalam.

Gejala kehamilan ektopik yang belum terganggu ti­dak khas, hanya menunjukkan tanda-tanda hamil mu­da biasa. Pada kehamilan ektopik terganggu, gejala yang timbul biasanya nyeri, keluarnya darah dari ke­maluan, dan adanya riwayat haid yang terhenti.

Penanggulangan kehamilan ektopik terganggu ada­lah dengan jalan operasi pengangkatan jaringan yang mengandung janin. Keselamatan ibu sangat tergan­tung pada cepatnya kelainan itu diketahui dan terse­dianya donor darah yang cukup untuk mengganti per­darahan yang terjadi.

Incoming search terms:

  • arti dari ektopik
  • ektopik definisi
  • pengertian kehamilanektopik

Advertisement
Filed under : Bikers Health, tags:

Incoming search terms:

  • arti dari ektopik
  • ektopik definisi
  • pengertian kehamilanektopik