Advertisement

PENGERTIAN KEKEKALAN ENERGI – Salah satu hukum dasar Fi­sika. Pada awalnya dua bentuk energi dikenal secara terpisah. Kalor atau energi panas dikenal sebagai be­saran yang mengubah suhu suatu benda. Bila kapasi­tas panas benda itu C dan kenaikan suhu ialah 7 maka kalor yang diserap benda agar suhunya naik adalah Q s C.T. Dalam hidup sehari-hari kalor dicerminkan mi­salnya oleh lamanya kompor menyala untuk mendi­dihkan sepanci air. Bila bobot atau volume air menja­di dua kali, lama kompor harus menyala kira-kira juga akan menjadi dua kali.

Energi mekanis dapat berbentuk energi kinetik (energi karena geraknya) misalnya energi kinetik translasi sebesar 1/2 m v2 atau energi potensial (energi karena letaknya dalam medan gaya, misalnya energi potensial buah kelapa pada tandan pohon setinggi h meter adalah mgh, dengan m ialah massa buah kelapa, dan g ialah percepatan ‘gaya berat). Hukum kekekalan energi yang paling sempit berbunyi: jumlah energi po­tensial dan energi kinetik benda yang bergerak dalam medan gaya adalah konstan.

Advertisement

Dalam mengembangkan teori relativitasnya, Eins­tein membuktikan bahwa massa pun merupakan suatu bentuk energi. Dengan demikian hukum kekekalan energi makin diperluas dengan mencakup massa. Pa­da suatu proses nuklir yang diiringi dengan hilangnya massa sebesar m, akan terbebas energi sebanyak E = wc2, dengan c ialah laju rambat cahaya di dalam ruang hampa. Dalam peledakan bom nuklir di atas permuka­an tanah, energi itu berbentuk energi mekanis (gelom­bang kejut udara), energi panas, dan cahaya.

Penemuan Einstein dapat pula dilihat sebagai peng­gabungan hukum kekekalan massa yang dikenal dalam proses-proses kimia biasa dengan hukum kekekalan energi.

Incoming search terms:

  • Pengeetian kekekalan energi
  • pengertian kekekalan energi

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • Pengeetian kekekalan energi
  • pengertian kekekalan energi