Advertisement

PENGERTIAN KELANCENG – Adalah kelompok lebah yang tidak mempunyai sengat. Karena itu, kelanceng dikenal pu­la sebagai lebah tak bersengat. Di Jawa, serangga ini disebut tawon lanceng, di Sunda nyiruan teuel, dan di Sumatra Barat galo-galo.

Kelanceng beruKuran kecil dengan panjang kira-ki­ra enam milimeter. Warnanya hitam atau gelap. Pada umumnya, lebah ini membuat sarang di sekitar ru­mah-rumah penghunian, dengan menempati rongga- rongga bambu penyangga atap atau dinding rumah, juga rongga-rongga batang kayu hidup maupun mati.

Advertisement

Sarangnya terbuat dari getah-getah yang dikum­pulkan dari berbagai jenis tumbuhan. Getah tersebut dikumpulkan dari luka bekas tebangan, patahan, atau bekas gerekan serangga lain. Getah yang dikumpul­kan digunakan untuk membuat sarang. Di dalam sa- rang terdapat bangunan seperti mangkuk sebagai tem­pat penyimpanan serbuk sari, madu, dan telur sampai stadia pupa.

Dalam kehidupan sosialnya, kelanceng memben- tuk suatu koloni. Pada satu koloni ditemukan tiga ma- cam bentuk kehidupan yang dibedakan berdasarkan tugasnya dalam sarang. Ratu bertugas memproduksi telur saja; pekerja, yang merupakan betina steril, ber­tugas mencari makan dan memelihara sarang beserta isinya; dan kelanceng jantan bertugas mengawini ra­tu. Kelanceng jantan hanya dapat kawin satu kali de­ngan ratu dan setelah itu akan mati.

Kelanceng berpotensi sebagai penyerbuk bunga dan penghasil madu untuk obat. Jumlah anggotanya sekitar 50 jenis, dan tersebar di seluruh dunia.

Advertisement