Advertisement

PENGERTIAN KELOMPOK – Suatu himpunan yang terdiri atas mi­nimal dua orang, yang terjalin karena adanya rasa sa­ling membutuhkan. Tinjauan yang penting dalam kelompok adalah mengenai struktur atau hubungan sosial yang terjalin antar anggota kelompok, terutama mengenai status para pelakunya. Dalam kelompok terdapat hubungan yang bersifat timbal-balik apabila kelompok itu terbentuk oleh keinginan para ang­gotanya. Namun apabila terjadinya kelompok karena dibentuk oleh pihak luar, sifat hubungan timbal-balik dan saling membutuhkan tersebut tidak nyata. Bahkan yang terjadi adalah ketergantungan pihak-pihak ter­tentu dalam kelompok tersebut dengan pihak luar yang membentuknya.

Pembentukan kelompok dapat terjadi berdasarkan bermacam-macam aspek yang mempersatukan para anggota tersebut. Kategorisasi kelompok juga dapat dilakukan berdasarkan beragam aspek yang dapat di­gunakan untuk memilah-milah sejumlah individu de­ngan ciri-ciri dasar yang sama atau bersamaan.

Advertisement

Kelompok Etnis, misalnya, adalah kelompok yang terbentuk dan mewadahi sejumlah individu yang ber­asal dari golongan etnis (suku bangsa) yang sama. Ke­lompok majikan adalah suatu kelompok individu yang mempunyai ciri sama, yaitu menduduki posisi pim­pinan yang memiliki kapital (modal). Lawan kata ke­lompok majikan adalah kelompok buruh atau kelom­pok proletar. Kedua kelompok ini adalah kelompok individu yang menempati posisi sebagai orang yang dipimpin, serba kekurangan, bahkan tidak memiliki alat produksi.

Kelompok Referens adalah kelompok pembanding yang dirujuk untuk mengukur tindakan dari kelompok yang dibandingkan. Jadi penyebutan kelompok refe­rens tidak dengan sendirinya membuat seorang men­jadi warga kelompok referens tersebut; penyebutan­nya dilakukan untuk membandingkan tindakan yang seyogianya dilakukan sebagai warga kelompok refe­rens tersebut. Biasanya penyebutan kelompok refe­rens dilakukan untuk keperluan-keperluan positif.

Incoming search terms:

  • kelompok sosial adalah suatu himpunan yang terdiri atas minimal 2 orang dan terjalin karena adanya rasa saling membutuhkan

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • kelompok sosial adalah suatu himpunan yang terdiri atas minimal 2 orang dan terjalin karena adanya rasa saling membutuhkan