Advertisement

Tergolong dalam rumpun bahasa Uralika. Keluarga bahasa Fino- Ugrika ini dibagi atas dua kelompok, Finnika dan Ugrika. Bahasa yang terpenting dalam kelompok Fin­nika ialah bahasa Suomi dan dalam kelompok Ugrika bahasa Magyar.

Nenek moyang penutur asli bahasa Suomi berasal dari Rusia bagian Eropa Tengah. Mereka bermigrasi ke Finlandia sekitar 2000 tahun lalu dan menetap di bagian selatan Teluk Finlandia. Kemudian mereka mengembangkan suatu dialek yang sekarang disebut bahasa Esti.

Advertisement

Penutur bahasa Finnika, sekitar dua setengah juta orang, tinggal di Rusia bagian Eropa Tengah. Penu­tur bahasa Mordvin, Udmurt (Votyak), dan Mari (Ceremis) bermukim di daerah asal masyarakat Ura­lika. Para penutur ini tidak ikut bermigrasi bersama dengan masyarakat Uralika terdahulu. Bahasa Finnika keempat terdapat di Soviet Utara. Penutur bahasa Ko­mi mungkin bermigrasi bersama kelompok penutur bahasa Suomi yang bergerak ke arah barat laut.

Istilah Ugrika berasal dari kata Ugra, nama yang diberikan kepada Siberia Barat dalam bahasa Rusia Kuno. Pada abad pertama, penutur asli bahasa Ugri­ka bermigrasi ke daerah Siberia Barat dan akhirnya tiba di daerah Hungaria sekarang pada abad ke-9. Oleh sebab itu bahasa Magyar menunjukkan ciri ba­hasa yang berbeda sama sekali dengan bahasa yang terdapat di negara sekitarnya.

Pada setiap migrasi pasti terdapat kelompok yang tidak mau ikut serta. Mereka yang tinggal ini penu­tur bahasa Ostyak (Khanty) dan Vogul (Mansi) di dae­rah Siberia Barat. Sekitar 15.000 penutur bahasa Ostyak (Khanty) bertempat tinggal di sepanjang Su­ngai Ob, sedangkan penutur bahasa Vogul (Mansi) yang berjumlah kurang lebih 40.000 orang menetap di sepanjang Sungai Sosva dan Konda. Bahasa inilah yang menunjukkan ciri kemiripan dengan bahasa Ma­gyar. Pemerintah Soviet menggalakkan penggunaan bahasa ini dengan cara menetapkan daerah tersebut sebagai Daerah Khusus Khanty-Mansi dengan ibu kota Khanty-Mansiisk.

 

Incoming search terms:

  • pengertian keluarga bahasa

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian keluarga bahasa