PENGERTIAN KEPEMIMPINAN PEMERINTAHAN DI AMERIKA SERIKAT ADALAH

36 views

PENGERTIAN KEPEMIMPINAN PEMERINTAHAN DI AMERIKA SERIKAT ADALAH – Amerika Serikat, yang mendapat julukan polisi dunia dan negara super power, adalah negara maju yang mernpunyai sistem pernerintahan yang sangat kompleks. Negara ini meraih kemerdekaannya pada tanggal 4 juli 1776 setelah sekian tahun dijajah Inggris dan mendapatkan pengakuan sebagai negara berdaulat pada tahun 1783. Pada tahun 1787, para pemimpin Amerika berkumpul dan menulis Konstitusi Amerika Serikat yang menjadi dasar hukum negara.

Amerika Serikat terletak di benua Amerika Utara, sebelah utara berbatasan dengan negara Kanada, sebelah selatan dengan Mexico, dan sebelah tenggara dengan Kuba. Luas wilayahnya adalah lima kali luas wilayah Indonesia.

Pimpinan pemerintahan disebut Presiden selaku Kepala Negara dan selaku Kepala Pemerintahan. Ibukota negara adalah Washington DC, bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris, dan lagu kebangsaannya adalah “The Star Spangled Banner”.

Pimpinan pemerintahan, dalam hal ini Presiden, me-laksanakan undang-undang yang telah ditetapkan dibantu oleh pembantu-pembantunya untuk menjalankan langkahlangkah kebijakan yang berkaitan dengan politik luar negeri, perekonomian, kesejahteraan rakyat, maupun bidang keamanan.

Dalam beberapa hal Amerika Serikat berada dalam ranking satu tingkat dunia, antara lain dalam produksi pangan, teknologi, ekonomi, dan mata uang US dolar yang menjadi tolok ukur standar mata uang dunia.

Kepemimpinan pemerintahan pada tingkat negara bagian dilaksanakan oleh Gubernur dibantu oleh staf dan dikontrol oleh Kongres dan Supreme Court Negara Bagian, dan mekanismenya hampir sama dengan tingkat Fede.ral. Para pemimpin pemerintahan dalam hal ini Gubernur negara bagian menjalankan wewenangnya berdasarkan konstitusi negara bagian masing-masing, sehingga pengaruh seorang gubernur di negara-negara bagian sangat kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *