Advertisement

Di Jakarta terdapat beberapa jalur kereta api menuju dan pergi dari kota Jakarta ke kota-kota lain dan daerah-daerah di dalam kota Jakarta. Sarana kereta api ini pada waktu-waktu jam sibuk akan mengalami kelebihan kapasitas, terutama pada pagi dan sore hari. Jalur-jalur kereta api menghubungkan Jakarta ke kota-kota tetangganya, seperti Depok dan Bogor di sebelah selatan Jakarta dengan menggunakan kereta rel listrik (KRL), Tangerang dan Serpong di sebelah barat, serta Bekasi dan Karawang di sebelah timur dengan kereta rel disel (KRD). Pusat-pusat pemberhentian kereta api tersebut terdapat di beberapa stasiun seperti Gambir, Jatinegara, Manggarai, Tanah Abang dan Jakarta Kota (Beos). Untuk kereta api rel disel dari barat Jakarta seperti dari Serpong beberapa stasiun pemberhentian seperti Bintaro, Pal Merah, Tanah Abang dan Kota menjadi stasiun-stasiun yang penuh dengan para penumpang pengguna jasa kereta api yang bekerja di Jakarta pada jam-jam tertentu. Pada pagi hari dan sore hari, kereta api penuh dengan penumpang, dan pada jam-jam tertentu kereta api dari stasiun Tanah Abang akan melayani rute menuju Depok melewati stasiun Dukuh Atas yang terletak di daerah jantung kota Jakarta. Kereta api ini yang melalui atau melintas kota Jakarta disebut juga dengan Jabotabek (Jakarta-Bogor-Tangerang-Bekasi). jenis kereta api ini juga terdapat di kota-kota lain seperti kota Bandung dan juga kota Solo di Jawa Tengah. Di kota Bandung terdapat kereta jarak dekat yang melayani penumpang dari Garut, Tasikmalaya, Padalarang, dan Purwakarta dengan pemberhentian di stasiun Hall, Kiara Condong. Kereta api ini adalah kereta api diesel yang mempunyai jadwal tertentu dari dan ke Bandung. Sementara di kota Solo juga terdapat jenis transportasi ini yang melayani daerah Wonogiri ke kota Solo. Pada pagi hari dan sore hari kereta ini mengantarkan penumpang dari daerah Wonogiri menuju Solo dan sebaliknya dari Solo ke Wonogiri. Kemudian ada pula kereta api yang menghubungkan kotakota di sekitar Yogyakarta seperti kota Purworejo, dan Kutoarjo. Di sekitar kota Purwokerto seperti Sokaraja, Purbalingga, Banyumas, dihubungkan dengan kereta api yang berangkat menuju kota Purwokerto pada pagi hari. Kereta api jenis ini disebut juga dengan sepur kluthuk.

Di luar Jawa, jenis kereta api jarak dekat yang secara reguler beroperasi adalah di Sumatra Barat, yaitu antara kota Padang dan Padang Pariaman. Jadvval kereta api reguler ini berangkat dari Padang Pariaman pada pukul 06.00 pagi dan kembali ke Padang Pariaman pada pukul 06.00 sore. Di kota lain terdapat juga jenis kereta api ini, yaitu di Medan yang melayani antara kota Medan dan Belawan. Untuk kereta api yang menghubungkan kota-kota di Sumatra Utara terdapat jalur antara Pematang Siantar menuju Medan.

Advertisement

Sementara di kota Ambarawa (Jawa Tengah) terdapat kereta api wisata yang menggunakan jenis kereta api uap dari zaman Belanda beserta gerbongnya yang khas, yang hanya melayani wisatawan dari stasiun Ambarawa ke Bedono dengan jarak hanya 2 km.

Di Jakarta dan dibangun dua jalur monorel, yaitu: (1) jalur ‘garis hijau’ yang akan melayani penumpang dari Semanggi-Casablanca-Kuningan-Semanggi; dan (2) jalur ‘garis biru’ yang melayani penumpang dari Kampung Melayu-CasablancaTanah Abang-Roxy.

Kereta monorel (monorail)adalah kereta listrik yang berjalan pada satu rel. Rel tempat me’ajunya kereta dibuat dari balok beton, yang ditempatkan di atas permukaan tanah, yang ditopang dengan sejumlah pilar beton. Kereta monorel harus lebih lebar daripada relnya. Dengan mengoperasikan monorel secara “melayang”, maka lalu lintas di bawahnya tidak akan terganggu.

Kereta monorel yang akan dibangun bertipe yaitu kereta yang menunggangi satu lintasan balok beton dengan lebar 0.6m-0.9m. Kereta monorel ini menggunakan sepasang baris ban karet (berisi nitrogen), dan dua pasang baris ban di kedua sisi samping lintasan balok beton. Penggunaan ban-ban karet ini sangat ramah lingkungan dan dapat mengurangi tingkat kebisingan dan getaran.

Di Jakarta direncanakan pula pembangunan sistem angkutan cepat massal (MRT, mass rapid transit)berupa dua rel kereta bawah tanah yang dioperasikan di bagian utara dan selatan Jakarta-antarajakarta Kota dan Fatmawati-dengan stasiun di daerah Sawah Besar.

Incoming search terms:

  • jenis kereta api jarak dekat
  • pengertian jarak dekat

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • jenis kereta api jarak dekat
  • pengertian jarak dekat