Advertisement

Di Sumatra bagian selatan, yaitu Lampung dan Sumatra Selatan terdapat jalurjalur yang menghubungkan kota-kota di kedua provinsi iiu, seperti dari Lampung menuju Palembang, dan Palembang ke Lubuk Linggau. Di daerah Sumatra bagian selatan ini juga terdapat jalur kereta api barang, khususnya yang mengangkut batubara dari Tanjung Enim menuju pelabuhan Panjang di Lampung.

Daerah-daerah perkotaan di Jawa dihubungkan pula dengan jalur kereta api, mulai dari ujung barat hingga ke ujung timur Pulau Jawa melewati kota-kota Provinsi Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur kecuali Madura.

Advertisement

Pada sekitar 1370-an terdapat kereta mewah yang melayani SurabayaJakarta, yang hanya berangkat pada sore hari dan sampai di tujuan pada pagi hari. Kereta ini dikenal dengan nama ‘Bima’, singkatan dari ‘Biru Malam’, sedangkan pada siang harinya beroperasi kereta api dengan kelas ekonomi. Kemudian berkembang beberapa jenis pelayanan lain seperti ‘Mutiara Sore’ dan ‘Mutiara Malam’, ‘Senja Utama’ dan Tajar Utama’, sampai kepada jenis-jenis pelayanan kereta api Argo (Gambar 8.29).

Secara umum beberapa jenis pelayanan penumpang jasa kereta api dapat dibagi ke dalam beberapa tipe pelayanan dengan sistem teknologi yang berbeda, yaitu Kelas Argo (seperti Kereta Argo Muria, Argo Lawu, dan Argo Wilis); Kelas Satwa (seperti KA Jatayu, KA Merak, dan KA Gajayana); Kelas Ekonomi Unggulan (se-perti KA Brantas, KA Kaligung, dan KA Logawa); Kelas Ekonomi, dan Kereta Wisata (seperti kereta lok uap di Ambarawa dengan rel bergigi) (Gambar 8.30). Selain itu, di Jawa terdapat pula kereta barang, yang terdiri atas Kereta Baja Satwa dan Kereta Barang Cepat.

Incoming search terms:

  • apa kereta baja satwa

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • apa kereta baja satwa