Advertisement

PENGERTIAN KERIS – Juga merupakan budaya khas Indonesia. Budaya keris ini pun tidak hanya terdapat di Pulau Jawa dan Bali. Sebagian besar Pulau Sumatra, Ka­limantan, Sulawesi, dan Nusa Tenggara Barat juga memiliki budaya keris. Bahkan kemudian budaya ini meluas sampai ke Brunei, Malaysia, Thailand, Kam- bodia, dan Filipina.

Bagi orang Indonesia keris memiliki aneka fungsi. Selain sebagai senjata spiritual penambah keyakinan diri, keris juga merupakan kelengkapan pakaian adat, atribut untuk utusan, bukti adanya kewenangan secara adat, dan sebagai pusaka. Bagi sebagian orang Jawa, seorang pria belum merasa dirinya sempurna bilamana belum memiliki sebilah keris yang baik.

Advertisement

Bentuk keris bermacam macam. Ada yang lurus, ada pula yang berkelok-kelok menyerupai ular ber­jalan. Jumlah kelokan atau luk selalu gasal, yang lazim mulai dari luk satu sampai luk tiga belas. Selain itu, bentuk sarung keris itu bermacam-macam. Tiap daerah mempunyai corak sarung keris sendiri. Di Jawa Tengah saja ada belasan macam bentuk sarung keris.

Khusus di daerah Aceh, semacam keris yang men­jadi kelengkapan pakaian adat disebut rencong. Di Lampung, dikenal tajiayam, sejenis pisau berbentuk melengkung, yang penggunaannya mirip keris di dae­rah lain.

Incoming search terms:

  • pengertian keris

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian keris