public health (kesehatan publik)

Handbook on Training dari Fakultas Kedokteran Kesehatan Publik (1992) mendefinisikan kesehatan publik sebagai “ilmu dan seni mencegah penyakit, memperpanjang hidup dan meningkatkan kesehatan melalui usaha terorganisasi dari masyarakat,” dan kedokteran pengobatan publik sebagai “cabang praktek kedokteran dengan spesialisasi kesehatan publik.” Bidang ini terutama berhubungan dengan kesehatan dan penyakit dalam populasi, melengkapi pengobatan klinis yang khusus untuk kesehatan pasien individual. Tanggung jawab utamanya adalah memonitor kesehatan populasi, identifikasi kebutuhan kesehatan, membantu kebijakan yang meningkatkan kesehatan dan mengevaluasi pelayanan kesehatan.

Ilmu dasar kesehatan publik adalah epidemiologi. Epidemiologi membantu kita memahami faktor yang mempengaruhi kesehatan dan penyakit, dan kejadian berbagai faktor yang menimbulkan penyakit dalam suatu populasi dan kelompok. Hal ini membantu kita untuk memutuskan tindakan apa yang mesti diambil untuk mencegah penyakit dan menjaga kesehatan, misalnya, melalui pendidikan kesehatan, kebijakan sosial, modifikasi perilaku, imunisasi, penyaringan pada awal identifikasi bagi mereka yang beresiko tinggi atau membutuhkan perawatan dan perlindungan khusus terhadap lingkungan spesifik yang berbahaya.

Pada seluruh masyarakat, kesehatan publik selalu berfungsi mempelajari sifat dan penyebaran penyakit dan cacat dalam suatu populasi, serta menentukan bagaimana hubungannya dengan usia dan jenis kelamin, dengan kondisi ekonomi sosial, pekerjaan dan lingkungan. Jadi kesehatan publik akan menentukan kebutuhan kesehatan dalam suatu daerah tertentu, menetapkan prioritas dan memberikan pelayanan yang dibutuhkan. Selain itu, tentu saja, sangat penting untuk mengevaluasi bagaimana efektivitas pelayanan dalam masyarakat, dalam pengobatan, perawatan, luasnya penderitaan, memelihara kapasitas kerja, rehabilitasi penyandang cacat, serta menurunkan angka kematian dan angka kelahiran. Yang juga dibutuhkan adalah menilai seberapa efisien pelayanan yang digunakan dalam suatu masyarakat dan, terutama, untuk menentukan berapa biayanya.

Aktivitas kesehatan publik akan berbeda-beda di berbagai belahan dunia. Pada daerah yang belum berkembang sebagian besar akan memperhatikan penjagaan faktor lingkungan, peningkatan sanitasi, penambahan persediaan air, peningkatan perumahan, dan pengurangan penyakit menular dan rantai kehidupannya, misalnya malaria, tipes, diare. Mereka juga akan berusaha mengetahui penyebab kekurangan gizi, penyebab kematian bayi, dan mencari cara yang terbaik untuk memperbaikinya, misalnya, melalui perubahan pola makan, perubahan pola perawatan ibu dan anak dan menganjurkan pemberian air susu ibu dan juga pengendalian kelahiran.

Di negara berkembang masalah kesehatan publik ini agak berbeda. Penyebab utama penyakit dan kematian cenderung berhubungan dengan penyakit kronis seperti: serangan jantung, stroke, kanker, kecelakaan kendaraan bermotor. Kesehatan publik akan berusaha menentukan metode dan ukuran yang cocok untuk kebutuhan pada keadaan rawan ini, misabya anjuran untuk tidak terus-menerus merokok, pengembangan kebijakan efektif untuk mengurangi lemak dalam pola makan, mengurangi polusi udara, melalui pengenalan pelayanan pendeteksian kanker cerfix dan paru-paru, dan metode identifikasi sendiri pada tahap awal suatu penyakit.

Namun demikian aspek terpenting dari kebijakan kesehatan publik Barat sekarang adalah berkaitan dengan perkembangan metode pengaruh perilaku dan sikap yang dikenal sebagai penyebab penyakit. Selain itu, hal ini juga melibatkan penentuan kebutuhan perawatan kesehatan untuk populasi, misalnya, pada daerah dengan jumlah usia lanjut besar maka pelayanan akan lebih diutamakan pada manula ketimbang orang muda, sehingga akan membutuhkan panti jompo dan pelayanan rehabilitasi ketimbang fasilitas kebidanan. Menentukan efektivitas pelayanan yang disediakan juga penting, misalnya kasus kegagalan operasi jantung, penggantian pinggul dan lain-lain. Lebih jauh lagi, akan ada kebutuhan penyuluhan menurut prioritas misalnya antara pelayanan kuratif, rehabilitasi dan pencegahan.

Di Inggris, kesehatan publik adalah bagian dari Pelayanan Kesehatan Nasional, dan ada direktur kesehatan publik dengan staf disetiap daerah, yang bertanggung jawab melaporkan kesehatan populasinya setiap tahun dan memperhatikan kekurangan pelayanan kesehatan dan masalah kematian. Karena itu mereka memainkan peran penting dalam memerangi penyakit. Model institusi yang baik ini belum diadopsi di tempat lain. Di negara lain pengaruh kesehatan publik lebih tersebar.

Incoming search terms:

  • kesehatan publik
  • pengertian kesehatan publik

Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • kesehatan publik
  • pengertian kesehatan publik