Advertisement

Adalah karya sastra dari berbagai bangsa dan jaman yang memberikan sumbangan terhadap peradaban manusia sehingga khazanah tersebut dapat menjadi milik semua bangsa di dunia. Karya demikian biasanya berupa karya besar bernilai abadi yang memenuhi persyaratan seni sastra universal, mempermasalahkan persoalan kemanusiaan, dan menggapai nilai moral yang tinggi. Meskipun dasar berpijaknya persoalan sejaman, namun kupasannya berhasil mencapai esensi persoalan manusia segala bangsa dan segala jaman. Jumlah karya demikian cukup banyak dan terus bertambah dengan munculnya karya baru disamping penemuan karya sastra lama yang belum dikenal secara internasional. Bangsa-bangsa yang telah mencapai peradaban tinggi biasanya menyumbangkan kekayaan rohaninya dalam bentuk sastra dan bentuk kesenian lain.

Beberapa ciri karya sastra besar: (1) memberikan kesadaran pada pembacanya tentang kebenaran hidup ini. Dari padanya diperoleh pengetahuan dan pemahaman yang mendalam tentang manusia, dunia, Tuhan, dan kehidupan; (2) memberikan kepuasan dan kegembiraan batin yang bersifat intelektual; (3) memiliki sifat abadi karena memuat kebenaran hakiki yang selalu ada selama manusia ada; (4) memberikan pemenuhan kebutuhan manusia terhadap naluri keindahan; (5) memberikan penghayatan mendalam terhadap pengalaman manusia; dan (6) dapat menolong manusia menjadi lebih berbudaya, yakni peka dan responsif terhadap hal-hal luhur dalam hidup ini, selalu mencari nilai kebenaran, keindahan, dan kebaikan.

Advertisement

Hampir tak mungkin membuat pembabakan waktu sekian banyak karya sastra dari semua bangsa dan jaman. Namun untuk menata karya semacam itu tetap dituntut urutan waktu untuk memahami dari jaman mana dan dari bangsa mana sastra dunia berasal.

Advertisement