Advertisement

PENGERTIAN KLARIS – Sebuah ordo yang diambil dari nama Santa Klara, putri bangsawan Chiara di Favarone, Offereducio. Pada suatu malam Klara diam-diam mening­galkan puri orang tuanya (1212) untuk hidup bersama dengan beberapa gadis lain yang bercita-cita sama de­ngan Santo Fransiskus, dalam biara San Damiano de­kat Assisi, Italia. Bersama dengan Fransiskus, Klara mendirikan dan memimpin Ordo Kedua Fransiskus, yang biasanya disebut Ordo Klaris, sampai ia mening­gal (1253). Aturan hidup para suster ordo ini disusun oleh Klara sendiri. Para suster ordo ini hidup dalam kemiskinan, hal yang sama sekali baru pada jaman itu. Karena itu, aturan itu terpaksa harus dibela mati-mati­an sehingga disahkan paus dua hari sebelum Klara meninggal. Dua tahun kemudian Klara dinyatakan se­bagai orang kudus (Santa).

Ciri-ciri khas Ordo Klaris adalah kemiskinan, baik perseorangan maupun biara, yang sangat keras, supa­ya suster-suster mempercayakan diri secara total pada Penyelenggaraan Ilahi. Para Klaris hidup kontempla­tif dalam kesunyian klausura ketat. Ordo ini berkem­bang sangat cepat dan luas (tahun 1680 terdapat 70.000 suster Klaris di Eropa). Pada waktu Reformasi dan sesudah Revolusi Perancis sebagian besar biara Klaris dibubarkan secara paksa.

Advertisement

Di Indonesia, biara Klaris (OSC) antara lain ter­dapat di Pacet (Jawa Barat) dan Santren-Mrican (Yogyakarta; 1979). Biara Klaris Kapusines (OSCICap) terdapat di Singkawang (Kalbar; 1937) dan GunungSitoli (Nias;” 1976). Sejak tahun 1960 Misionaris Klaris dari Sakramen Mahakudus berkar­ya di Indonesia; kongregasi ini didirikan di Meksiko. Di seluruh dunia kini terdapat kurang lebih 12.000 suster Klaris dalam 550 biara.

Incoming search terms:

  • biara suster klaria

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • biara suster klaria