Advertisement

PENGERTIAN KOLERA – Ditandai dengan gejala utama muntah berak, karena itu sering disebut penyakit muntaber. Penyakit ini disebabkan oleh kuman Vibrio cholerae. Dahulu kuman ini lazim disebut Bacillus coma, karena bentuknya seperti tanda koma berupa batang bengkok. Kuman ini ditularkan pada penderita lewat makanan dan minuman yang tercemar. Kuman kemudian tumbuh membentuk kelompok-kelompok yang disebut koloni pada dinding usus. Kolonisasi kuman ini menyebabkan terjadinya produksi cairan dari sel din­ding usus secara berlebihan. Sebagai akibatnya, terja­dilah peregangan usus yang diikuti oleh diare dan rnuntah-muntah. Keluarnya banyak cairan melalui diare dan muntah-muntah ini dapat menyebabkan de­hidrasi. Kematian pada penderita kolera umumnya ti­dak disebabkan oleh kumannya, tetapi oleh kehi­langan cairan dan elektrolit yang tidak segera diatasi.

Penderita kolera tidak menderita demam, tetapi de­ngan cepat akan kehilangan cairan badan. Oleh karena itu pengobatan utama pada kolera adalah penggantian cairan badan yang keluar. Penggantian cairan ini da­pat diberikan dengan cara minum oralit (cairan ga- ram-gula), bila penderita masih dapat minum. Bila ke­hilangan cairan sudah cukup banyak atau penderita tidak dapat menerima cairan dari mulut, cairan peng­ganti diberikan melalui infus.

Advertisement

Cairan infus yang dipakai umumnya cairan Ringer Laktat (RL). Bila cairan yang hilang tidak segera di­gantikan, akan mudah terjadi gangguan keseim­bangan cairan dan elektrolit tubuh seperti yang ditun­jukkan pada keadaan dehidrasi berat, yang dapat menyebabkan kematian.

Penyakit ini dapat dicegah dengan menjaga kese­hatan dan kebersihan makanan dan minuman serta vaksinasi. Dewasa ini, vaksinasi kolera dianggap ti­dak mempunyai daya perlindungan yang cukup pada keadaan wabah, sehingga upaya pencegahan lainnya lebih diutamakan.

Dalam keadaan wabah ini, dianjurkan agar pende­rita dan penduduk daerah wabah diberi antibiotika Tetrasiklin guna mencegah penyebaran penyakit lebih lanjut. Penyakit kolera masih merupakan penyakit endemis di beberapa daerah Indonesia, terutama di dae­rah miskin yang berpenduduk padat, dengan sumber air yang buruk dan tercemar. Wabah kolera biasanya terjadi di akhir musim kemarau.

Incoming search terms:

  • pengertian kolera

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian kolera