Advertisement

PENGERTIAN KOLESTEROL – Sekelompok senyawa organik dari turunan siklopentanoperhidrofenantrena. Umumnya kolesterol dibentuk di dalam jaringan binatang. De­ngan demikian, bahan makanan yang mengandung banyak kolesterol umumnya berasal dari binatang se­perti hati, otot, otak dan kuning telur. Kolesterol yang terdapat di dalam tubuh dapat ber­asal dari makanan atau dibentuk sendiri oleh tubuh. Pembentukannya dapat berlangsung di berbagai ja­ringan, misalnya usus, hati, korteks adrenal, aorta, dan kulit. Pada orang puasa dan orang yang kelaparan, pembentukannya sangat berkurang. Di dalam darah, kolesterol terikat dengan protein plasma. Bentuk ini­lah yang diangkut dari jaringan yang satu ke jaringan yang lain.

Kolesterol digunakan untuk membentuk garam-ga­ram empedu dan berbagai macam hormon steroid. Pembuangan kolesterol terutama melalui saluran em­pedu, dan selanjutnya dikeluarkan melalui tinja. Pada keadaan normal, kadar kolesterol darah sekitar 200 miligram per desiliter. Pada usia lanjut, kadarnya meningkan Pemnggian kadar kolesterol di -dalam da­rah mempunyai hubungan erat dengan terjadinya pe­nyakit pembuluh darah yang dikenal dengan nama aterosklerosis.

Advertisement

Aterosklerosis dapat terjadi di mana-mana. Bila ke­lainan tersebut terjadi di dalam pembuluh darah otot jantung, akan timbul penyakit jantung koroner.

Advertisement