PENGERTIAN KOMITMEN SIPIL – Secara historis, semua pemerintah bertanggung jawab untuk melindungi warga negaranya dari bahaya. Kita menerima begitu saja hak dan tanggung jawab pemerintah untuk membatasi kebebasan kita demi melindungi kita. Beberapa pengemudi, contohnya, mempertanyakan legitimasi negara untuk menetapkan batasan bagi mereka dengan menyediakan lampu lalu lintas yang sering membuat mereka harus berhenti ketika mereka ingin tetap melaju. Sebagian besar warga negara mematuhi Administrasi Obat dan Makanan ketika lembaga tersebut melarang penggunaan obat-obatan tanpa terkendali yang menyebabkan kanker pada hewan-hewan percobaan di laboratorium meskipun beberapa orang merasa bahwa mereka berhak untuk memutuskan sendiri risiko yang akan diambil berkenaan dengan tubuh mereka. Pemerintah memiliki hak yang telah lama ditetapkan serta tanggung jawab untuk melindungi kita dari diri kita sendiri—prinsip parens patriae, “kekuasaan negara”—dan dari orang lain—keldiasaan penegakan hukum negara. Komitmen sipil adalah salah satu perwujudan lebih jauh kekuasaan tersebut.

Di hampir semua negara bagian seseorang dapat dimasukkan ke rumah sakit psikiatrik di luar kehendaknya jika terdapat penilaian bahwa ia (1) sakit mental dan (2) berbahaya bagi dirinya sendiri—yaitu, tidak mampu memenuhi kebutuhan fisik yang mendasar berupa makan, pakaian, dan tempat tinggal—atau berbahaya bagi orang lain (Perlin, 1994). (Juga terdapat apa yang disebut komitmen rawat jalan, yang akan kami jelaskan nanti.) Saat ini, keberbahayaan bagi orang lain lebih sering menjadi kriteria kedua, dan keputusan pengadilan baru-baru ini merujuk pada keberbahayaan yang sudah hampir terwujud sebagai kriteria utama (a.1., orang yang bersangkutan sudah hampir melakukan tindak kekerasan).22 Di beberapa negara bagian, kepu tusan mengenai keberbahayaan yang sudah hampir terwujud harus dibuktikan oleh suatu tindakan nyata, usaha atau ancaman yang dilakukan belum lama berselang; namun, ada beberapa negara bagian yang tidak mensyaratkan tindakan nyata. Komitmen semacam itu harus dijalani hanya selama orang tersebut tetap berbahaya. Prosedur komitmen spesifik umumnya dilaksanakan sesuai dengan salah satu dari dua kategori, formal atau informal. Komitmen formal atau yudisial dilakukan atas perintah pengadilan. Komitmen tersebut dapat diajukan oleh setiap warga negara yang bertanggung jawab; biasanya polisi, kerabat, atau teman yang meminta komitmen tersebut. Jika hakim meyakini bahwa terdapat alasan yang baik untuk memperjuangkan hal tersebut, ia akan memerintahkan dilaksanakannya uji kesehatan mental. Orang yang bersangkutan berhak mengajukan keberatan atas upaya untuk “mensertifikasi” dirinya, dan dapat dijadwalkan suatu dengar pendapat di pengadilan untuk memberi kesempatan kepada orang yang bersangkutan mengajukan bukti melawan komitmen tersebut.

Komitmen informal dan darurat terhadap orang-orang yang sakit mental dapat dilaksanakan tanpa melibatkan pengadilan pada awalnya. Contohnya, jika suatu dewan administratif rumah sakit meyakini bahwa seorang pasien yang masuk atas kehendaknya sendiri yang meminta untuk keluar dari rumah sakit kondisinya masih terlalu parah dan berbahaya untuk dikeluarkan, dewan dapat menahan pasien dengan perintah komitmen informal yang berlangsung sementara.

Setiap orang yang bertindak di luar kendali dan berbahaya dapat segera dimasukkan ke rumah sakit mental oleh polisi. Mungkin prosedur komitmen informal yang paling umum adalah 2PC, atau sertifikat dua dokter. Di sebagian besar negara bagian, dua dokter, tidak harus psikiater, dapat menandatangani sertifikat yang membolehkan seseorang untuk ditahan selama beberapa waktu, mulai dari 24 jam hingga selama 20 hari. Penahanan melampaui waktu tersebut memerlukan komitmen yudisial formal.

Komitmen sipil memengaruhi jauh lebih banyak orang dibanding komitmen kriminal. Namun, bukan lingkup buku ini untuk mengkaji secara rinci beragam hukum dan pera turan komitmen sipil negara bagian; masing-masing negara bagian memiliki hukum dan peraturannya sendiri, dan seluruhnya hampir selalu berubah. Tujuan kami adalah memberikan gambaran umum yang akan memberikan pemahaman dasar mengenai berbagai isu terkait dan arah perubahan dewasa ini.

Filed under : Bikers Pintar,