PENGERTIAN KOMUNIKASI DALAM KEPEMIMPINAN ADALAH

211 views

PENGERTIAN KOMUNIKASI DALAM KEPEMIMPINAN ADALAH – Kehidupan manusia tanpa komunikasi dapat dibayangkan  apa jadinya. Demikian juga daiam kepemimpinan. Tanpa komunikasi, kepemimpinan tidak akan berhasil sesuai dengan rencana. Komunikasi adalah proses kegiatan atau hubungan seseorang baik melalui hubungan langsung maupun melalui lambang-lambang agar orang lain mengerti maksud dan tujuan tertentu.

Dalam komunikasi tercakup unsur-unsur: komunikan, komunikator dan pesan. Komunikan adalah orang yarig mendapat atau menerima pesan. Komunikator adalah orang yang menyampaikan, mengatakan dan memberitahukan pesan kepada orang lain. Sedangkan pesan adalah isi komunikasi yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan. Komunikator dan komunikan bisa saling berpengaruh secara positif maupun negatif, aktif maupun pasif, tergantung pada pesan yang dikirim atau yang diterima.

Proses kepemimpinan mengharapkan agar dalam komunikasi mendapatkan pengaruh atau efek yang sesuai dengan tujuan atau sasaran yang telah ditetapkan oleh pemimpin, -y-ang sesuai dengan iingkungan alam maupun sosial.

Teknik komunikasi sangat dipengaruhi oleh kemampuan baik selaku komunikator maupun komunikan dan pesan yang dikirim maupun yang diterima. Pesan harus dalam bentuk informasi. Maksudnya adalah data yang telah diolah dan dipikirkan dalam berbagai aspek, dan sudah diper-hitungkan dampak baik maupun buruknya. Unsur-unsur tersebut dalam kepemimpinan merupakan faktor yang sangat penting dalam upaya mengendalikan proses kegitan mencapai tujuan. Yang dikendalikan adalah proses komunikasi dari komunikator kepada komunikan sehingga terjadi umpan balik informasi yang berharga.

Karena itu, pemimpin perlu merencanakan, melaksanakan, mengkoordinasikan, mengendalikan,dan mengevaluasi komunikasi. Untuk mengetahui apa yang harus dikatakan, seseorang perlu maksud dan tujuan dari komunikasi. Ia dapat menyampaikan komunikasinya melalui salura.n yang menjadi perhatian seperti media massa, radio, televisi, film, dan saluran kornunikasi lainnya. Pemimpin juga harus ta.hu dengan pasti kepada siapa ia harus berkomunikasi, Dia harus memperhitungkan efek yang dapat clitimbulkan oleh komunikasinya.

Seorang pemimpin dalam kegiatannya harus berupaya agar menjadi seorang komunikator yang menarik dan efektif, dan berhasil mendapatkan kepercayaan dari komunikan atau bawahan, sehingga terjalin komunikasi yang baikantara sang pemimpin dan bawahannya dan sebaliknya dari bawahan kepada pemimpin.

Inti komunikasi dalam kepemimpinan adalah manusia karena secara filosofi proses apa pun dalam komunikasi selalu melibatkan rnanusia. Karena itu, pemimpin perlu mengetahui latar beiakang manusia yang menjadi tanggung jawabnya sehingga pemberian pesan selalu memperhitungkan kemampuan yang dimiliki oleh komunikan.

Komunikasi dapat dilakukan secara verbal maupun nonverbal. Komunikasi verbal menggunakan kata-kata atau ucapan sedangkan non-verbal tanpa kata-kata atau ucapan; komunikasi dilakukan dengan isyarat atau tanda-tanda, atau bahkan sikap dari perilaku. Namun, keduanya baik verbal maupun non-verbal harus mempunyai tujuan yang jelas dan dapat dimengerti oleh komunikan.

Seorang pemimpin harus dapat menguasai komunikasi baik dari segi bahasa, tanda-tanda, maupun ekspresi serta sikap yang dapat dipelajari sebagai bahan pengambilan keputusan. Dalam era globalisasi sekarang ini pesan atau informasi, ide maupun opini dapat disalurkan melalui alat yang canggih seperti misalnya: telepon, televisi, internet, radio, film maupun media lainnya yang ditransformasikan dengan bahasa dan cara yang dapat dimengerti oleh komunikan, Pesan itu bahkan dapat dikirimkan pada saat itu dan dapat diterima pada waktu bersamaan di tempat lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *