Advertisement

therapeutic community (komunitas terapi)

Penggunaan proses sosial komunitas dalam menangani penderita sakit mental dan kekacauan kepribadian saat ini dikenal sebagai ‘ komunitas terapi’ (therapeutic community). Faktor-faktor yang mempengaruhi munculnya pendekatan ini adalah adanya ketidakpuasan terhadap hasil dari psikoterapi individual, efek-efek yang berbahaya institusionalnya, serta pemahaman akan pentingnya pengalaman-pengalaman sosial dalam belajar maupun menyembuhkan.

Advertisement

Terapi komunitas tercetus selama dan sesudah PD II dengan perkembangan unit-unit terapi untuk menangani tentara yang mengalami kelelahan tempur. Di pusat-pusat angkatan bersenjata, setiap aspek kehidupan rumah sakit para tentara yang merawat sengaja dirancang untuk mengimbangi pengalaman sosialisasi yang menyebabkan sakit mental. Keberhasilan unit-unit ini dalam mengembalikan tentara-tentara yang dirawat pada keadaan semula mendorong usaha untuk menerapkannya pada keperluan sipil.

Prosedur komunitas terapi diperoleh dari tiga sumber; yang pertama, terapi kelompok, di mana penderita memperoleh umpan balik terus-menerus mengenai perilakunya dari kacamata orang lain atas penggunaan dari mekanisme pertahanannya yang tidak tepat, yang kedua, tradisi demokratis pengaturan sendiri, termasuk penggunaan fasilitas secara bersama-sama, penggunaan nama pertama (first name), dan pengungkapan perasaan dan pemikiran secara jujur antara pasien dan staf, dan yang ketiga, pentingnya menjadi bagian dari sebuah unit sosial untuk mengimbangi keterasingan dan menuju rehabilitasi. Kekuatan dari tekanan kelompok telah lama digunakan dalam berbagai kelompok untuk penyembuhan diri seperti Alcoholics Anonymous.

Suasana komunitas terapi seringkah ditentukan oleh pertemuan harian di mana semua pasien, pegawai rumah sakit, dan para dokter secara terbuka membahas permasalahan dan psikopatologi.

Permasalahan komunitas terapi antara lain adalah tidak jelasnya peranan sehingga memungkinkan staf untuk mengelakkan tanggung jawab dan otoritas. Selain itu, pendekatan komunitas bisa menjadi semacam wahana bagi rasa permusuhan pasien terhadap otoritas kepemimpinan dalam bentuk yang lain.

Meskipun menghadapi kesulitan, konsep ini telah menambahkan efektivitas dan humanitas dalam unit psikiatris. Komunitas terapi yang telah mendapatkan stabilitas telah mempersatukan pengawasan profesional sementara mengizinkan pasien bertindak aktif dalam penyembuhan dirinya sendiri.

Incoming search terms:

  • terapi komunitas
  • pengertian terapi komunitas
  • arti dari terapy comunity
  • arti komuniti
  • definisi terapi komuniti

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • terapi komunitas
  • pengertian terapi komunitas
  • arti dari terapy comunity
  • arti komuniti
  • definisi terapi komuniti