Advertisement

PENGERTIAN KRIOBIOLOGI  – Suatu cabang biologi yang mempe­lajari proses kehidupan pada suhu rendah. Suatu organisme dapat mati bila berada di lingkungan de­ngan suhu di bawah titik beku. Pada penurunan suhu yang dilakukan secara perlahan-lahan, organisme ter­sebut mungkin masih dapat bertahan hidup bila mem­punyai kemampuan adaptasi terhadap suhu rendah.

Suhu rendah akan membekukan cairan yang berada di luar sel. Hal ini mengakibatkan konsentrasi larutan di luar sel menjadi lebih tinggi, sehingga cairan dari dalam sel akan keluar. Akibatnya, konsentrasi larutan di dalam sel juga akan menjadi lebih tinggi. Keada.an ini menyebabkan ticik beku cair?n di daljyn sel men­jadi lebili tinggi. Suatu sei dapat kehilangan 60- 90 persen cairannya tanpa mengalami kerusakan, jika pe­ngeluaran cairan tersebut berlangsung secara lambat. Dengan pendinginan secara lambat ini banyak sel da­pat bertahan sampai suhu -5°C untuk beberapa waktu, dan kemudian jika dipanaskan akan kembali normal dengan mengambil cairan dari sekitarnya. Dengan ca­ra ini beberapa sel bahkan bertahan sampai -40°C. Pa­da keadaan ini, kristal es tidak terbentuk di dalam sel jika sel telah kehilangan 90 persen cairannya.

Advertisement

Pendinginan yang berlangsung cepat dapat meru­sak sel karen^ terbentuknya kristal es di dalam sel sehingga merusak sel. Pada pendinginan yang dilaku­kan secara lambat-laun, pemulihan dengan pemanasan perlu dilakukan dengan cepat karena bila es men­cair secara lambat, kadar elektrolit di dalam sel akan meningkat. Selain itu, selama proses pencairan yang berlangsung lambat dapat terbentuk kristal es, sehing. ga suatu sel yang tidak mati pada waktu pembekuan mungkin akan mati pada waktu dipanaskan kembali.

Advertisement