Advertisement

PENGERTIAN KRIPTOKOMUNIS – Anggota komunis yang berge­rak secara rahasia atau sembunyi-sembunyi. Hal ini terjadi di negara-negara yang melarang kegiatan ko­munis, seperti yang sekarang terjadi di Filipina. Partai komunis di negara ini secara resmi dilarang, tetapi se­cara sembunyi-sembunyi mereka berhasil mempe­ngaruhi rakyat dengan menjanjikan kesejahteraan, pembagian tanah kalau mereka menang, dll.

Gerakan komunis yang sembunyi-sembunyi ini ju­ga terjadi di sebagian besar negara Amerika Latin. Gerakan yang telah berhasil meraih kemenangan misalnya terdapat di Kuba, Nikaragua, Vietnam (dulu Vietnam Selatan). Di Indonesia ada istilah bahaya la­ten komunis.

Advertisement

Di Eropa, kegiatan komunis secara diam-diam ber­kembang selelah Perang Dunia I. Di Jerman gerakan rahasia komunis itu berlangsung sampai akhir Perang Dunia II. Sementara itu di Hungaria, partai komunis bergerak di bawah tanah di bawah pimpinan Bela Kun dan hanya muncul sebagai kekuatan resmi setelah pa­sukan Uni Soviet mengadakan invasi ke negara itu pada tahun 1945. Hal ini terjadi pula di negara-negara Eropa Timur lainnya.

Tetapi secara mengejutkan, pada tahun 1989 selu­ruh negara Eropa Timur yang semula berhaluan ko­munis meninggalkan komunisme, berbalik menjadi negara demokratis.       

Advertisement