Advertisement

PENGERTIAN KRITIK – Suatu penilaian yang dikemukakan dalam tulisan atau secara lisan tentang orang atau suatu hal berdasarkan tolok ukur atau kaidah tertentu. Kritik murni adalah penyampaian penilaian oleh seorang ahli. Pengeritik yang baik harus mampu menghindari sifat berat sebelah, karena bila hal ini terjadi, keguna­an ulasannya bagi khalayak menjadi hilang.

Penulis kritik, yang sering disebut kritikus atau kri­tisi (bentuk jamak), dengan menggunakan pengeta­huan mendalam yang dimilikinya, membuat ulasan atau resensi tentang suatu buku, musik, lukisan, film, siaran televisi, atau karya seni dan budaya lainnya. Keberhasilan atau kelemahan suatu karya diuraikan dalam suatu kritik. Ulasan atau resensi seperti ini bia­sanya terdapat dalam penerbitan pers seperti surat ka­bar harian, surat kabar mingguan dan majalah.

Advertisement

Dalam media pers, analisis dan evaluasi yang me­ngandung kritik tentang suatu masalah, situasi atau peristiwa di berbagai bidang kehidupan, misalnya pe­merintahan, ekonomi, sosial, keamanan, atau hubung­an internasional, biasanya disajikan dalam rubrik in­duk karangan (tajuk rencana) dan pojok. Kedua rubrik ini diasuh oleh pimpinan redaksi atau redaktur khu­sus. Kecuali tulisan oleh redaktur atau wartawan sen­diri, surat kabar atau majalah dapat pula memuat arti­kel komentar atau ulasan yang mengandung kritik dari kolumnis atau penulis lepas.

Incoming search terms:

  • pengertian kritik
  • pengertian kritisi

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian kritik
  • pengertian kritisi