Advertisement

PENGERTIAN KROKODIL – Yang artinya “buaya”, adalah majalah satir sosial-politik di Uni Soviet yang terkenal di dunia karena karikatur-karikaturnya yang tajam dan sangat menarik serta tulisan-tulisannya yang sarat dengan kritik. Majalah dwimingguan ini tidak hanya sering mengritik negara-negara Barat, terutama Amerika Serikat, tetapi juga masalah birokrasi dan ketidakefisienan di dalam negeri. Sekitar 95 persen dari seluruh karikatur atau kartun yan.g dimuat KroTo- dil berasal dari para karikaturis atau kartunis lepas {freelance) di luar staf majalah tersebut.

Majalah yang terbit dengan 16 halaman, dan seba­gian dalam empat warna, ini beroplah enam juta eksemplar setiap kali terbit dan diperkirakan dibaca oleh 20 juta penduduk Uni Soviet. Sekitar 90 persen pembacanya adalah pelanggan dan selebihnya pem­baca eceran.

Advertisement

Majalah humor sindiran yang didirikan pada tahun 1922 dan beredar di seluruh negeri itu, sejak berabad- abad silam terkenal dengan satir-satirnya yang sering kali menyindir diri sendiri. Terbitnya majalah seperti Krokodil di negara monolitik ini menunjukkan pengakuan akan manfaat humor sebagai katup pengaman bagi tekanan-tekanan sosial.

 

PENGERTIAN KROKODIL – Diterbitkan oleh penerbit harian Pravda, organ Komite Sentral Partai Komunis Soviet. Maja­lah ini juga sama-sama mempunyai kedudukan seba­gai organ partai dan karena itu jarang sekali menyin­dir kebijaksanaan partai.

Advertisement