Advertisement

PENGERTIAN KULTIVATOR – Suatu alat pertanian yang digunakan untuk melonggarkan permukaan tanah secara dang­kal, sedemikian rupa, sehingga gulma dapat dimati­kan, sedangkan pertumbuhan tanaman dirangsang. Kultivator ditarik oleh traktor dan digandengkan di belakang, di tengah atau di depan traktor.

Sejak jaman dahulu, alat untuk memberantas gul­ma yang paling dikenal adalah cangkul atau landak. Bahkan sampai dewasa ini alat-alat tersebut masih do­minan di negara-negara berkembang. Di negara maju, alat pemberantas gulma ini sejak puluhan tahun yang lalu telah mulai berkembang.

Advertisement

Tujuan penggunaan kultivator adalah; (1) memper­tahankan kelembapan tanah dengan jalan (a) membe­rantas gulma, (b) melonggarkan sisa-sisa tanaman di permukaan tanah, (c) menahan air hujan; (2) menye­diakan zat hara bagi tanaman; (3) memperbaiki aerasi tanah, memungkinkan oksigen masuk ke dalam tanah; (4) merangsang kegiatan mikroba di dalam tanah.

Dewasa ini “banyak jenis kultivator yang tersedia di palaran, mulai dari ukuran kecil, yang ditarik traktGr kecil untuk kebun/halaman, sampai ukuran besar un­tuk tanah pertanian dengan kapasitas mengolah tanah 40 hektar sehari.

Incoming search terms:

  • arti kultivator
  • apa arti kultivasi

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • arti kultivator
  • apa arti kultivasi