Relasi sosial dan karakteristik.

Pengertian kultur adalah Konsep antropologi sentral yang menda­sari perubahan pandangan ini adalah CuL­TURE. Istilah ini mengandung banyak arti dan maknanya kerap berganti dari waktu ke waktu. Di satu level, kultur mengacu pada karakteristik perilaku yang unik/khas bagi manusia. Istilah ini juga mengandung gagasan bahwa perilaku adalah sesuatu yang dipe!ajari dan diajarkan, bukan lahir secara instingtif. Perkembangan ETHOLOGY telah sedikit melemahkan pandangan itu setelah diketahui ternyata dikotomi dipela­ja ri/instingtif dalam perilaku hewan adalah pel bedaan yang tidak valid dan bahwa spesies lain juga mempunyai karakteristik yang dulu dianggap hanya milik manu­sia (seperti membuat alat). Level lainnya, kultur adalah karakter dari kemampuan manusia untuk menciptakan perilaku. Wa­lau perilaku spesifik mungkin tidak khas hanya ada pada manusia, bagaimanapun juga kemampuan pikiran manusia untuk menciptakan respons yang fleksibel dan hampir tak terbatas melalui potensi sim­bolis dan linguistiknya telah menjadikan manusia adalah spesies yang berbeda. In­terpretasi atas kultur belakangan ini lebih menekankan pada sumber kognitif dari perilaku manusia. Pada level lainnya ada pandangan bahwa perilaku itu terkait erat dengan relasi sosial dan karakteristik so­sial lainnya. Dan terakhir, hasil dari proses ini adalah fenomena kebudayaan manusia yang dapat diamati secara empiris—iden­titas tersendiri dari masyarakat manusia, yangn dicirikan oleh tradisi kultural yang spesifik.

Praktik antropologi sosial. Pengertian kultur adalah

Pengakuan akan diversitas kultur ma­nusia dan subkulturnya merupakan lang­kah konseptual utama yang muncul dari praktik antropologi sosial—studi detail terhadap masyarakat tertentu (etnografi). Di antara implikasi utama dari studi ter­hadap orang dalam unit-unit kultural dan konteks kultural adalah pengakuan bahwa orang saling terikat bukan berdasarkan identitas (kesamaan) genetik atau biologis, tetapi berdasarkan tradisi sosial, dan bah­wa ETHNICITY adalah faktor utama dalam hubungan antara orang dan masyarakat.

Independensi tradisi kultural. Pengertian kultur adalah

Lebih jauh, kultur bukan sekadar aki­bat pertumbuhan tradisi sosial, tetapi juga terkait erat dengan seluruh sistem kogni­tif sehingga pengalaman kultural ini akan membatasi dan memengaruhi cara pan­dang orang terhadap dunia. Independensi tradisi kultural ini memberikan dampak besar terhadap kemampuan komunikasi konsep dan nilai antarmasyarakat yang berbeda-beda.

Filed under : Bikers Pintar,