Advertisement

PENGERTIAN KUNCI – Sebagai benda abstrak dan sebagai benda nyata digunakan dalam berbagai pengertian. Sebagai benda abstrak, kunci digunakan dalam musik, kompu­ter, dan persandian. Dengan memiliki kunci (tepatnya anak kunci) seorang dapat memasuki, menguasai atau mengendalikan suatu sistem (abstrak maupun riil).

Sebagai alat rumah tangga dan juga alat musik, kunci adalah jenis alat pengancing yang berfungsi untuk mencegah terbukanya daun pintu atau penutup lainnya dari kedudukan semula. Kunci yang dipasang pada pintu rumah, lemari, mobil, peti, atau alat lain­nya, umumnya terdiri atas dua bagian, induk dan anak kunci. Induk kunci berfungsi menyatukan atau me­ngaitkan dua bagian, misalnya daun pintu dan kusen­nya agar tidak dapat dibuka tanpa alat khusus. Alat khusus pembuka dan pengancing kedua bagian ini di­sebut anak kunci. Tetapi ada pula jenis kunci, misal­nya gembok (kunci gantung), yang dapat dikancing­kan tanpa anak kunci, dan anak kunci hanya dibutuhkan untuk membukanya. Jenis kunci lain yang memiliki kesamaan kerja dengan kunci pintu rumah adalah kunci kemudi mobil atau sepeda motor. Jenis ini berbeda dengan kunci kontak mobil atau sepeda motor yang berfungsi untuk menyambung rangkaian listrik pada sistem pengapian mesin agar mesin dapat dihidupkan.

Advertisement

Ada berbagai macam kunci, di antaranya sebagian besar membutuhkan anak kunci untuk membukanya. Beberapa yang tidak membutuhkan anak kunci adalah kunci kombinasi, kunci waktu, kunci rantai, dan kunci elektronik untuk pintu. Untuk membuka kunci kom­binasi hanya dibutuhkan pemutaran sederetan nomor yang dicocokkan dengan nomor kombinasinya. Kunci rantai adalah rantai logam yang mengancing daun pintu ke kusen pintu. Kunci elektronik dapat terbuka bila seseorang memasukkan kartu plastik berkode ke celah di samping pintu. Kunci waktu merupakan kun­ci yang dapat terbuka sendiri pada saat yang telah di­tentukan saja. Untuk kunci yang biasa dipasang di bank sebagai kunci pelengkap ini, waktu terbukanya dapat disetel. Meskipun telah memiliki kunci jenis lain, bank biasanya dilengkapi kunci ini sehingga ha­nya dapat dibuka pada waktu-waktu tertentu dan oleh orang-orang tertentu. Kunci waktu ditemukan oleh James Sargent pada tahun 1872, dan mulai dipakai masyarakat luas setelah pada tahun 1875 kon­struksinya disempurnakan oleh Linus Yale dan Sargent.

Cara Kerja Kunci. Semua kunci memiliki grendel yang mampu mencegah terbukanya pintu. Grendel te­tap dalam keadaan terkunci bila tidak digunakan anak kunci pasangannya untuk membukanya. Grendel di dalam induk kunci dapat dibuka bila tuasnya dapat di­putar. Tuas grendel dilengkapi sederet pasak logam yang masing-masing tersusun atas dua bagian pasak dengan per. Pasangan pasak-pasak logam ini memi­liki panjang yang tidak sama, sehingga letak sam­bungan antara pasak bagian bawah dan bagian atas, yang rmasing-masing dilengkapi per, tidak berada da­lam satu garis lurus. Hal inilah yang mengakibatkan tuas tidak bebas berputar. Anak kunci pasangan, me­miliki lekukan dengan kedalaman dan tonjolan yang masing-masing bersesuaian dengan pasak-pasak induk kunci, sehingga bila anak kunci ini dimasukkan, sambungan pasak-pasak itu terletak dalam garis lurus. Kedudukan lurus yang membebaskan tuas ini menye­babkan grendel dapat dibuka. Tergantung dari tingkat keamanan yang dibutuhkan, dalam satu kunci bisa ter­dapat tiga hingga tujuh pasangan pasak.

Kunci magnet yang berkembang akhir-akhir ini menggunakan prinsip kerja yang hampir sama dengan kunci pasangan pasak. Pada kunci magnet, kedudukan pasangan pasak diganti dengan batang-batang magnet kecil yang memiliki kutub-kutub magnet berselang- seling dengan berbagai kombinasi. Batang magnet ke­cil ini tertarik ke luar oleh pasak penarik, sehingga mengunci tuas agar tak bergerak. Bila dimasukkan ke dalam induknya, anak kunci akan menarik batang-ba­tang magnet kecil ke arahnya. Anak kunci ini mempu­nyai sederet kutub magnet yang sesuai dan sekaligus berlawanan jenis dengan batang-batang magnet induk kunci. Bila batang-batang magnet tertarik ke arahnya, tuas akan berada dalam keadaan bebas sehingga grendel dapat diputar. Bila anak kunci yang dimasuk­kan tidak memiliki deretan kutub magnet yang sesuai, satu atau lebih batang magnet itu tidak tertarik sehing­ga tuas tidak bebas berputar dan grendel pun tak dapat dibuka.

Kunci kombinasi dibuka dengan mencocokkan de­retan angka tertentu. Kunci kombinasi sudah berkem­bang di peradaban Cina kuno. Kunci kombinasi me­miliki piringan putar dengan serangkaian angka di sekelilingnya. Untuk membukanya, seseorang harus memutar piringan ke kiri atau ke kanan dalam suatu urutan tiga sampai tujuh angka. Nomor-nomor, dan arah pemutaran piringan, menyusun kombinasi kunci. Kunci kombinasi memiliki pasak-pasak berbentuk pi­ringan, yang masing-masing memiliki lekukan di pinggirnya. Di tiap piringan kedudukan lekukan ini berlainan tempat dan bersesuaian dengan kedudukan angka konfigurasi di bagian luar. Bila seluruh angka konfigurasi ini cocok, lekukan akan berada dalam satu posisi lurus, sehingga pasak yang terkait lekukan ini bisa terlepas dan membebaskan tuas dan grendel. Pen­curi dengan mudah dapat membebaskan tuas dan membuka kunci kombinasi yang murah harganya. Mereka membuka dengan mendengarkan suara ceklik tiap piringan yang melepaskan mekanisme pasak.

Gembok (kunci gantung) adalah pengunci yang da­pat dipindah-pindah dan juga membutuhkan anak kunci untuk membukanya. Gembok terdiri atas kotak logam dengan dua-lubang, tempat mekanisme batang pengait yang berbentuk lengkung terpasang. Anak kunci dapat membebaskan kedudukan batang pengait  sehingga dapat diputar untuk dipasang pada benda yang akan dijadikan satu.

Incoming search terms:

  • pengertian kunci
  • definisi kunci
  • pengertian kunci kontak
  • arti kunci
  • kunci adalah
  • apa yang dimaksud dengan kunci
  • apa itu kunci
  • pengertian grendel
  • Pengertian dari kunci
  • pengertian kunci kombinasi

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian kunci
  • definisi kunci
  • pengertian kunci kontak
  • arti kunci
  • kunci adalah
  • apa yang dimaksud dengan kunci
  • apa itu kunci
  • pengertian grendel
  • Pengertian dari kunci
  • pengertian kunci kombinasi